Kode Etik DPRD Gunungsitoli Ditetapkan, Firman: Jaga Kredibilitas!

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Kode etik dan tataberacara DPRD Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, ditetapkan. Penetapan itu dilakukan melalui rapat internal DPRD, Rabu (31/3/2021).

Kepada wartawan, Wakil Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Gunungsitoli, Firman Zebua SH, mengatakan bahwa kode etik bertujuan untuk menjaga kehormatan, harkat, martabat, dan citra DPRD.

"Jadi, setiap anggota DPRD diwajibkan menjaga sikap, perilaku, termasuk kredibilitasnya dalam melaksanakan wewenang, tugas, kewajiban, dan tanggungjawab dihadapan masyarakat serta konstituen", ujar Firman.

Firman menerangkan, kode etik sebagai pedoman anggota DPRD dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab sesuai tata kerja, tata hubungan antara penyelenggara pemerintah daerah, tata hubungan antara anggota DPRD, sekaligus tata hubungan antara anggota DPRD dengan pihak lain.

"Kode etik mengatur anggota DPRD dalam memberikan prinsip etis, standar perilaku, dan ucapan anggota DPRD saat melaksanakan tanggungjawab tugas, wewenang, hak, kewajiban serta fungsi sebagai wakil rakyat", terang Firman.

Kemudian, kode etik juga sebagai pedoman anggota DPRD dalam menyampaikan pendapat, tanggapan, jawaban, atau sanggahan baik dalam rapat maupun di luar rapat.

"Terakhir, kode etik menjadi acuan Ketua dan Wakil Ketua Badan Kehormatan dalam memberikan sanksi dan rehabilitasi terhadap anggota DPRD yang melanggar", tandas Firman. (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini