Ini 7 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Pasti anda sudah tahu, Wortel kaya akan vitamin, mineral, dan serat sehingga punya sejumlah manfaat bagi kesehatan. Sayuran ini juga merupakan sumber antioksidan yang baik.

Antioksidan adalah nutrisi yang ada dalam makanan nabati. Antioksidan dapat membantu tubuh menghilangkan radikal bebas, molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan sel jika terlalu banyak menumpuk di dalam tubuh.

Radikal bebas dihasilkan dari proses alami dan pengaruh lingkungan. Tubuh dapat menghilangkan banyak radikal bebas secara alami, tetapi kandungan antioksidan dalam makanan dapat membantu, terutama jika kandungan oksidannya tinggi.

Lantas, apa saja manfaat wortel untuk kesehatan? 

7 Manfaat wortel bagi kesehatan

Dirangkum dari laman Medical News Today, berikut sejumlah manfaat wortel bagi kesehatan:

1. Manfaat wortel untuk mata

Salah satu vitamin wortel adalah vitamin A. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan xerophthalmia, penyakit mata yang progresif. 

Xerophthalmia dapat menyebabkan rabun senja atau kesulitan melihat saat tingkat cahaya rendah. Selain itu, kekurangan vitamin A adalah salah satu penyebab utama kebutaan yang dapat dicegah pada anak-anak.

Wortel juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, dan kombinasi keduanya dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia, yakni sejenis penyakit yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

2. Mencegah kanker

Terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh dapat meningkatkan risiko berbagai jenis kanker, menurut National Cancer Institute.

Efek antioksidan dari karotenoid makanan, pigmen organik kuning, oranye, dan merah yang ada dalam wortel dan sayuran lainnya dapat mengurangi risiko ini. Lutein dan zeaxanthin adalah dua contoh karotenoid ini.

Ada beberapa jenis kanker yang dapat dicegah dengan memakan makanan kaya karatenoid. Di antaranya adalah kanker prostat, leukimia, kanker usus besar, dan kanker paru-paru.

3. Kesehatan Pencernaan

Wortel berukuran sedang mengandung 1,7 gram serat, atau antara 5% dan 7,6% dari kebutuhan harian seseorang, bergantung pada usia dan jenis kelamin. Makanan berserat tinggi dapat meningkatkan kesehatan usus, sehingga wortel bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan. 

4. Pengendalian diabetes

Wortel memiliki rasa yang manis dan mengandung gula alami. Wortel adalah makanan rendah kalori dan berserat tinggi yang relatif rendah gula. 

Untuk alasan ini, skornya rendah pada indeks glikemik (GI). Indeks ini dapat membantu penderita diabetes memahami makanan mana yang cenderung meningkatkan kadar gula darah mereka.

Wortel rebus memiliki skor GI sekitar 39. Artinya, wortel tidak mungkin memicu lonjakan gula darah dan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Sementara itu, penulis review tahun 2018 menyimpulkan, mengonsumsi makanan tinggi serat dapat membantu mencegah perkembangan diabetes tipe 2. Makanan berserat tinggi juga dapat membantu penderita diabetes tipe 2 mengelola kadar gula darahnya.

5. Menjaga tekanan darah dan kesehatan kardiovaskular

Serat dan potasium dalam wortel dapat membantu mengatur tekanan darah.

The American Heart Association (AHA) mendorong orang untuk menambahkan lebih sedikit garam, atau natrium, ke makanan, sambil makan lebih banyak makanan yang mengandung kalium, seperti wortel. 

Kalium membantu mengendurkan pembuluh darah, mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan masalah kardiovaskular lainnya. Satu wortel berukuran sedang menyediakan sekitar 4% kebutuhan kalium harian seseorang.

6. Membantu fungsi kekebalan dan penyembuhan

Antioksidan lain yang dikandung wortel adalah vitamin C. Vitamin C berkontribusi pada produksi kolagen. Kolagen adalah komponen kunci dari jaringan ikat dan penting untuk penyembuhan luka dan menjaga kesehatan tubuh.

Vitamin juga ada dalam sel kekebalan, yang membantu tubuh melawan penyakit. Sistem kekebalan yang sehat dapat mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker.

Beberapa ahli percaya bahwa mengonsumsi vitamin C tambahan dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan ketika sedang stres. Mengonsumsi vitamin C mungkin, misalnya, membantu mengurangi keparahan dan durasi pilek.

7. Bagus untuk kesehatan tulang

Wortel mengandung vitamin K, kalsium, dan fosfor. Semua ini berkontribusi pada kesehatan tulang dan dapat membantu mencegah osteoporosis.

Selain itu, pola makan yang seimbang dapat membantu menjaga kesehatan tulang. (Net)

Share:
Komentar

Berita Terkini