Dandim 0206/Dairi Ikuti Penjelasan Pembentukan Komponen Cadangan

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Kementerian Pertahanan (Kemenhan) segera menyosialisasikan pembentukan Komponen Cadangan (Komcad)  tahun 2021.

Komandan Kodim 0206/Dairi Letnan Kolonel Arm Adietya Yuni Nurtono, SH mengikuti sosialisasi pembentukan Komcad melalui Vitcom di Ruang Data Kodim 0206/Dairi, di ikuti oleh bersama  Bupati Dairi di wakili As.Adn. Umum Setda Kab Dairi  Sudung Ujung,  Bupati Pakpak Bharat di wakili Staf Ahli Pengendaluan Hukum Politik Hanafi Padang, F. Berutu plt Seketaris Bakesbangpol Pakpak Bharat, Yan Beny Pasaribu Plt Sedis Duk Capil Pakpak Bharat, M. Banurea S.Sos Kabid Kespadaan, Kab Dairi, R. Sitohang Seketaris Dikcapil Kab Dairi. 

Pembentukan Komcad sendiri, dilakukan setelah Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN).

Yang dimaksud Komcad adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama.

Dalam Pasal 28 UU PSDN disebutkn, Komcad terdiri dari warga negara, sumber daya alam, sumber daya buatan, serta sarana dan prasarana nasional.

Bagi warga negara yang terlibat dalam aktivitas Komcad dianggap tengah melakukan suatu pengabdian dalam usaha pertahanan negara yang bersifat sukarela.

Sementara, keterlibatan sumber daya alam hingga sarana dan prasarana nasional dalam kegiatan Komcad dianggap sebagai pemanfaatan dalam usaha pertahanan negara.(ds/Hartono)

Share:
Komentar

Berita Terkini