Bunda Harus Tahu, Ini Loh Manfaat Buah Alpukat Bagi Balita

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

Teks foto : Net
dailysatu.com - Para bunda pasti akan berusah memberikan makanan yang terbaik bagi buah hatinya, terutama buah - buahan yang memiliki banyak vitamin yang dibutuhkan balita. 

Apalagi dimasa pertumbuhan balita, memilih jenis buah yang tepat untuk dikonsumsi sangatlah penting. Karena dengan mengkonsumsi buah yang memiliki kandungan gizi sesuai yang dibutuhkan, bisa membuat balita lebih maksimal lagi pertumbuhannya. Baik pertumbuhan fisik maupun kecerdasannya.

Dan salah satu buah yang sangat direkomendasikan tersebut adalah buah alpukat. Buah ini menyimpan banyak manfaat bagi balita. Penasaran mau tahu apa saja manfaat alpukat buat balita? Nah, berikut ulasan lengkapnya.

1. Membantu perkembangan sel otak

Seperti yang kita tahu, di dalam buah alpukat terdapat banyak kandungan lemak Dan kandungan lemak tersebut tergolong jenis lemak tak jenuh. Diketahui lemak tak jenuh sangat bagus untuk perkembangan sel otak pada anak terutama berusia balita.

Perkembangan sel otak yang baik pada balita dapat mempengaruhi tingkat kecerdasannya kelak. Penting bagi orang tua untuk memperhatikan hal tersebut. Untuk membantu perkembangan sel otak pada balita, anda dapat memberikan buah alpukat kepada anak.

2. Membantu perkembangan system motoric

System saraf motoric berpengaruh terhadap keaktifan anak dalam mengingat sesuatu serta kelincahan anak dalam melakukan aktivitas. Untuk membantu system kerja motoric pada balita, usahakan memberikan asupan nutrisi asam folat yang besar kepada balita.

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan asam folat yang lumayan, yaitu sebesar 8%. Jika memberikan buah alpukat kepada balita, maka secara tidak langsung akan menambah nutrisi asam folat di dalam tubuh mereka.

3. Melancarkan pencernaan

Balita sangat rawan sekali terhadap penyakit. Biasanya adalah penyakit yang berhubungan dengan system pencernaan. Dan kabar baiknya hal tersebut dapat diatasi dengan pemberian buah alpukat dalam dosis yang mencukupi. Serat yang terdapat dalam buah alpukat dapat membantu untuk memperlancar pencernaan pada balita. Jika pencernaan lancar maka nutrisi yang didapat dari asupan makan dapat terserap lebih optimal.

4. Menjaga kesehatan rambut dan kulit

Jika anda ingin kesehatan rambut dan kulit pada bayi anda terjaga, memberikan buah alpukat dapat menjadi solusi yang patut untuk dicoba. Hal tersebut dikarenakan buah alpukat kaya akan vitamin e yang sangat berguna untuk menjaga dan merawat kesehatan rambut dan kulit dari dalam tubuh.

5. Mencegah peradangan

Zat anti oksidan yang tinggi di dalam buah alpukat dapat membantu untuk melindungi balita dari peradangan akibat iritasi kulit.

6. Membantu menyembuhkan luka

Perlu diketahui bahwa buah alpukat memiliki antibiotic yang tinggi. Oleh karenanya, memberikan buah alpukat secara teratur dapat membantu proses pembuhan luka lebih cepat. Selain itu dibandingkan memberikan obat antikbiotik terhadap balita, memberikan buah alpukat jauh lebih aman.

7. Menjaga pertumbuhan tubuh balita

Buah alpukat sangat kaya dengan protein, karbohidrat, lemat dan juga serat. Jika buah alpukat dikonsumsi untuk balita akan sangat bermanfaat sekali untuk menjaga pertumbuhan fisik mereka.

Beberapa hal yang penting untuk diperhatikan bunda sebelum memberikan buah alpukat kepada buah hati.

1. Buah alpukat tidak dapat dikonsumsi untuk balita yang memiliki alergi terhadap latex dan juga susu sapi.

2. Meskipun kandungan yang terdapat pada buah alpukat sangat baik untuk balita, namun tidak diperkenankan untuk memberikan buah alpukat pada bayi yang berusia dibawah 6 bulan.

3. Pemberian buah alpukat kepada balita tidak dianjurkan untuk dilakukan setiap hari.

4. Jangan lakukan pencampuran buah alpukat dengan susu. Karena dapat menyebabkan diare pada balita. Untuk hasil lebih baik dapat menggunakan madu alami asli.

Demikian ulasan mengenai manfaat penting buah alpukat untuk balita. Semoga bermanfaat.(net)

Share:
Komentar

Berita Terkini