Tirtanadi Terima Audiensi BMPS Kota Medan Sosialisasi Tangki Septik

Dibaca:
Editor: Bang Romi author photo


DailySatu.com, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menerima audiensi Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kota Medan. Jumat (19/2/2021).

"Kunjungan BMPS Kota Medan ini bertujuan untuk mensosialisasikan pembangunan tangki septik kedap dan sumur resapan diseluruh perguruan/sekolah swasta yang ada di Kota Medan, sebagaimana yang dicanangkan Plt Walikota Medan Akhyar Nasution, Senin (18/1/2021) bekerjasama dengan LPPM USU dan USAID - IUWASH PLUS," kata Direktur Air Limbah PDAM Tirtanadi Fauzan Nasution.

Kunjungan BMPS Kota Medan, diantaranya Muhammad Arif (Ketua Umum) dan Asga Dewi Lubis (Ketua Divisi Kerjasama) diterima langsung oleh Direktur Air Limbah PDAM Tirtanadi Fauzan Nasution, didampingi Kepala Cabang (Kacab) Pemasaran Air Limbah Lokot Parlindungan Siregar, serta Staf Direksi Risdom Rafiadi Siregar, Kepala Divisi Perencana Al Imron Batubara.

Fauzan sangat mengapresiasi kedatangan BMPS Kota Medan, karena sekolah merupakan ujung tombak menjadikan Kota Medan yang bebas dari limbah sehingga terhindar dari penyakit. Ditambahkannya sesuai Peraturan Menteri (Permen) Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 4 Tahun 2017 tentang Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik bahwa lumpur tinja wajib dilakukan pengelolaannya dimana lumpur tinja harus disedot setiap dua hingga tiga tahun sekali, serta diolah atau diproses di Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT). 

Tirtanadi selaku operator Pengelola Air Limbah Domestik berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Sumatera Utara (Sumut) Nomor 03 Tahun 2018, dimana pengelolaan lumpur tinja akan dilakukan dengan Safely Managed yaitu penyedotan lumpur tinja akan dilaksanakan secara berkala melalui Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2) yang akan diolah melalui IPLT Cemara milik Tirtanadi yang berlokasi di Pulo Brayan Medan.

Senentara Ketua Umum BMPS Kota Medan Muhammad Arif mengatakan sangat pentingnya pengelolaan air limbah domestik melalui pembuatan tangki septik kedap, yang bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.

"Program pembangunan tangki septik ini sebagai pilot projecnya sudah dilaksanakan yaitu di SMK Asga Mandiri Jl Karya Jaya Medan Johor yang diresmikan Plt Walikota Medan Akhyar Nasutioan pada Senin (18/1/2021), serta BMPS Kota Medan akan mengajak sekolah swasta lainnya dan kami akan melakukan pembekalan kepada kepala sekolah dan seluruh guru sehingga nantinya akan dilatih para murid dan orangtua siswa akan pentingnya tangki septik kedap untuk kesehatan," kata Muhammad Arif. (sus)

Share:
Komentar

Berita Terkini