Jadi Kurir Ganja, Dua Terdakwa Ini Dituntut Selama 12 Tahun Penjara

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Dua terdakwa yakni Agung Syahputra Sianipar alias Agung dan Jefri Elvis Nainggolan alias Jefri dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nurhayati Ulfia, SH, MH masing-masing selama 12 tahun penjara.

Tuntutan terhadap kedua terdakwa ini dibacakan oleh Jaksa Buha Reo saat dipersidangan yang digelar di ruang Cakra 3 Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (9/2/2021).

"Meminta kepada Majelis Hakim untuk menghukum masing-masing terdakwa selama 12 tahun penjara," ucap Jaksa.

Selain itu, dalam tuntutan JPU menyebutkan agar kedua terdakwa didenda sebesar Rp 1 miliar dan subsider 6 bulan penjara.

Setelah mendengar tuntutan dari Jaksa, Majelis Hakim yang diketuai Ali Tarigan menunda persidangan hingga pekan depan.

Mengutip dakwaan JPU, bahwa pada waktu dan tempat sebagaimana tersebut di atas, Terdakwa I dan Terdakwa II ditangkap oleh anggota polisi yang mendapat informasi dari masyarakat. Kemudian anggota polisi melakukan penangkapan di sebuah rumah yang pada saat itu terdakwa II sedang tidur-tiduran di dalam kamar, sedangkan terdakwa I, sedang bermain Handphone di kamarnya, tiba-tiba datang Anggota Polisi yang berpakaian preman kemudian melakukan penggerebekan dan penangkapan terhadap diri terdakwa II.

Saat penggeledahan ditempat terdakwa ditemukan barang bukti 1 plastik warna biru yang berisikan ganja dengan Brutto seberat 1 kilogram, dan 1 bal kertas untuk pembungkus ganja. Sedangkan pada terdakwa I ditemukan 25 bungkus ganja paket Rp.10 ribu dengan Brutto seberat 50 gram milik terdakwa I dan terdakwa II.

Kemudian anggota Polisi melakukan penyitaan barang bukti dan membawa terdakwa I dan terdakwa II berikut barang bukti ke Sat Narkoba Polrestabes Medan guna proses selanjutnya.

Kedua terdakwa memperoleh barang tersebut dari seseorang yang bernama Iwan (DPO), dengan cara menghubungi Iwan untuk pesan ganja tersebut dan setelah disepakati terdakwa I dan terdakwa II bertemu dengan Iwan (DPO) di pinggir jalan dekat pajak Jl.Tembung pasar III dengan seseorang yang saya tidak kenal yang merupakan orang suruhan Iwan.

Setelah itu, orang tersebut memberikan ganja dengan bungkusan plastik kemudian terdakwa I dan terdakwa II menyerahkan uangnya sebesar Rp.2 juta kepada orang suruhan Iwan.

Perbuatan Terdakwa tersebut sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 114 Ayat (2) Jo. Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang R.I. Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.(Sagala)

Share:
Komentar

Berita Terkini