Hasyim SE Dorong Pemko Medan Bayar Gaji PHL Dinas Pertanian dan Perikanan

Dibaca:
Editor: dicky irawan author photo
Teks foto : Ketua DPRD Medan, Hasyim SE. 
dailysatu.com - Ketua DPRD Medan, Hasyim mendorong Pemko Medan tak menahan anggaran honor para honorer di Dinas Pertanian dan Perikanan. Mengingat, anggaran itu telah disahkan di APBD Medan 2021.

"Anggarannya sudah ditampung di APBD. Cuma Sekda gak setuju," kata Hasyim SE di ruang kerjanya, lantai I Gedung DPRD Kota Medan, akhir minggu lalu.

Hasyim mengaku sangat prihatin dengan kondisi honor 48 tenaga Pekerja Harian Lepas (PHL) di Dinas Pertanian dan Perikanan tersebut. Padahal, mereka masih sangat dibutuhkan di dinasnya, khususnya dalam hal penyuluhan terkait pertanian dan perikanan.

"Mereka (tenaga PHL) itu masih sangat siap bekerja. Makanya, dinas pun masih mempertahankan mereka. Tapi, kenapa anggaran honor mereka masih saja ditahan," papar Hasyim.

Menurut Hasyim, anggaran yang telah dibahas bersama eksekutif dan legislatif, kemudian, APBDnya disahkan melalui rapat paripurna haruslah dijalankan.

Hasyim menambahkan, kejadian yang sama pernah terjadi di 2017. Akibatnya, anggaran itu menjadi Silpa dan itu bukan sebuah prestasi.

"Apa boleh anggaran yang sudah disahkan, lalu dimentahkan. Apalagi, kalau kita hitung-hitung, honor untuk 48 PHL setahun sekitar 1 miliyaran rupiah dan anggaran itu ada," ujarnya.

Terlebih lagi, di masa pandemi Covid-19 ini, Hasyim sangat menekankan kepada Pemko Medan, dalam hal ini Sekda Kota Medan untuk tak lagi menahan anggaran itu.

"Harusnya kan kita berempati di masa pandemi ini. Jangan sampai lah para pegawai honor itu hidup tak layak, dengan gaji dibawah UMK, karena harus berbagi waktu kerja dengan rekannya. Mirisnya, anggarannya ada. Kabarnya, Komisi IV mau memanggil dinas terkait," pungkasnya.

Diketahui, 151 tenaga PHL di Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan hanya 103 yang gajinya ditampung di APBD dan sisanya 48 PHL lagi tidak mendapatkan honor. Akibatnya, 103 PHL harus membagi gajinya kepada 48 PHL yang tidak mendapatkan gaji tersebut. (DS/Ki)

Share:
Komentar

Berita Terkini