Gegara 0,97 Gram Sabu, Yusuf Siregar Dituntut 6 Tahun Penjara

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Terdakwa M Yusuf Siregar dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), Anwar Ketaren, SH selama 6 tahun penjara saat dipersidangan yang digelar di ruang Cakra 4 Pengadilan Negeri (PN) Medan, Rabu (3/2/2021).

"Meminta kepada Majelis Hakim untuk menghukum terdakwa M Yusuf Siregar dengan pidana penjara selama 6 tahun," ucap JPU Anwar Ketaren.

Selain itu JPU juga mendenda terdakwa M Yusuf Siregar sebesar Rp 1 miliar dan subsider 6 bulan penjara.

Mengutip dakwaan JPU, bahwa pada waktu dan tempat sebagaimana disebutkan di atas sedang berada di Rumah orang tuanya, kemudian didatangi oleh 2 orang yang tidak di kenal dan mengatakan “ada bua bang..? (maksudnya sabu-sabu)” dan pemesan atau pembeli memesan seperempat gram dan kalau ada pesan 1 (satu) gram.

Kemudian terdakwa menjawab “1 gram harganya Rp 650 ribu dan calon pembeli menyetujuinya, kemudian setelah sepakat maka terdakwa menyuruh temannya Iwan alias Borok (DPO) untuk mengambil sabu-sabu dengan perkataan “bang, mintain ia bang sama dia bang, ada PS (maksudnya Pasien/pembeli) 1 tu, uang nanti abang antar langsung”.

Mendengar arahan terdakwa maka Iwan pun berangkat menjumpai Dana alias Joker (DPO) dan mengambil sabu-sabu tersebut kemudian sekitar 5 menit Iwan menyerahkan sabu-sabu kepada terdakwa dengan diam-diam. Setelah diterima maka terdakwa langsung menyerahkan sabu-sabu tersebut kepada calon pembeli, dan pada saat penyerahan sabu-sabu tersebut kemudian calon pembeli langsung menangkap terdakwa sehingga dari penangkapan tersebut terdakwa baru mengetahui bahwa calon pembeli adalah petugas kepolisian yang sedang menyamar sebagai pembeli.

Setelah di introgasi terdakwa mengakui terus terang perbuatannya dan sabu-sabu tersebut di peroleh berasal dari Dana melalui Iwan, lalu petugas kepolisian tersebut membawa terdakwa ke Kantor Polda Sumut untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dan setelah diperiksa dan ditimbang diperoleh sabu-sabu seberat 0,97 gram.

Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana pasal 114 ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dan Pasal 112 ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.(Sagala)

Share:
Komentar

Berita Terkini