Diduga Tak Kantongi Izin Pemotongan Kapal, Awan Mera Desak Syahbandar Tindak Tegas Pelaksana Proyek

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Aktifitas pemotongan kapal OB BU IV di dok KDM Belawan Paluh Aji, Kecamatan  Medan Belawan terus menjadi sorotan berbagai kalangan elemen masyarakat.

Termasuk juga dari Aliansi Wartawan Medan Utara (Awan Mera), yang menduga kegiatan pemotongan kapal tersebut tidak memiliki izin dari intansi terkait.

Ketua Awan Mera Nursidin AR kepada wartawan, Rabu (24/02/2021) mengatakan pihaknya menduga kegiatan pemotongan kapal tersebut tidak memiliki izin dari intansi terkait dalam hal ini Kesyahbandaran Utama Belawan.

"Diduga kapal OB BU IV yang dipotong di dok KDM Belawan tidak kantongi izin pemotongan,harusnya pemotongan bangkai kapal mengikuti persyaratan dan prosedur hukum yang berlaku. Oleh sebab itu, kita minta Syahbandar Utama Belawan lakukan tindakan tegas. Pemotongan bangkai kapal dapat menyebabkan pencemaran laut dan merusak ekosistem laut,"ucap Nursidin.

Bilamana pemotongan bangkai kapal menimbulkan pencemaran laut lanjut Nursidin, maka perusahaan atau pemotong kapal tersebut harus bertanggung jawab, dan bisa dijerat sesuai prosedur hukum. 

"Pemotongan bangkai kapal mempunyai Standard Operasional (SOP), diantaranya surat permohonan atau siapa yang melakukan pemotongan kapal, dan surat penghapusan pendaftaran kapal dari daftar kapal Indonesia," jelas Nursidin.

Humas Syahbandar Utama Belawan, Jujur Panjaitan ketika dikonfirmasi tim wartawan terkait pemotongan bangkai kapal di dok KDM Belawan melalui pesan WhatsApp, Rabu (24/02/2021) pukul 11.50 Wib mengatakan akan melakukan tindakan. "Kita sudah Surati perusahaannya,"kata Jujur singkat.(Heri)

Share:
Komentar

Berita Terkini