Diduga Akibat Limbah Pabrik, Puluhan Ikan Mati di Sungai Deli

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Diduga akibat limbah  beracun pabrik yang berada di sepanjang sungai Deli mengakibatkan puluhan ekor ikan dari berbagai jenis ditemukan mati di Sungai Deli, Senin (8/2/2021) siang.

Matinya puluhan ekor ikan di Sungai Deli terdapat di Lingkungan 28 dan 29, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan membuat warga dialirkan Sungai Deli tersebut geger.

Terlihat, sejumlah warga mengangkat bangkai ikan yang telah mati. Kebanyakan ikan yang mati jenis Lemeduk dan Ikan Mas, ikan - ikan tersebut  masih bagus dan tidak busuk. Untuk bobot ikan rata rata seberat 0,6 gram hingga satu kilo gram.

Ketua Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan dan B3 Indonesia Zulkarnaen saat ditemui wartawan dilokasi mengatakan, sangat menyayangkan banyaknya ikan sungai yang mati diduga akibat limba beracun dari beberapa industri yang ada disepanjang alur sungai.

"Kalau kita lihat, ikan - ikan ini baru mati. Karena belum rusak dan baik busuk, ikan - ikan ini biasa yang dikonsumsi oleh warga sekitar,"ucapnya.

Dengan temuan ikan sungai mati yang mengambang, pihaknya akan melakukan penelusuran dibantaran sungai untuk melihat  nantinya pipa pabrik mana yang membuang limba ke sungai.

"Kalau kita temukan limba pabrik yang sengaja membuang limbahnya ke sungai akan kita somasi,"jelasnya.

"Ikan - ikan yang telah mati akan kita kubur, sehingga air sungai tak bertambah tercemar dengan bangkai ikan,"tandasnya.(Heri)

Share:
Komentar

Berita Terkini