Bupati Humbahas Terkesan Cuek, HPN 2021 Dirayakan Sederhana

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

Teks foto : Dua Wartawan yang meliput di Pemkab Humbahas merayakan HPN 2021 sederhana dengan menikmati secangkir kopi.
dailysatu.com - Peringati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dirayakan sangat sederhana oleh awak media yang meliput di Kabupaten itu, Selasa (9/2/2021).

Perayaan itu, sejumlah awak media hanya melakukan nongkrong dan minum kopi tanpa ada pemotongan kue. Namun, masing-masing awak media doa bersama sebagai wujud rasa syukur.

Frans Simanjuntak, wartawan SIB mengatakan, bahwa dirinya sungguh menyesalkan dalam perayaan Hari Pers Nasional 2021 di Kabupaten Humbang Hasundutan, pemerintah setempat tanpa ikut merayakan sama sekali.

"Kami sungguh menyesalkan sikap Bupati bersama jajarannya Dinas Kominfo di Hari Pers Nasional 2021 ini, tidak ada ikut merayakan maupun memberikan ucapan," ucapnya.

Padahal menurut Frans, pemerintah meminta media untuk profesional dan menjadi lebih lagi dan tetap menjadi pilar demokrasi bangsa. Apalagi sejak pandemi ini, dirinya untuk menjalankan tugasnya dengan cara dari telekomunikasi.

"Pak Presiden saja memberikan penghargaan kepada insan pers yang ikut mengabarkan setiap perkembangan situasi dipandemi ini. Tidak hanya itu, Presiden juga memberikan penghargaan karena pers ikut menjadi jembatan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat. Ini sedikitpun dari lingkungan Pemerintahan Dosmar dan Saut tidak ada ikut merayakan dan mengucapkan," kesalnya.

Hal yang sama juga dikatakan Andy Siregar, wartawan Waspada. "Masa daerah-daerah lain pemerintahnya bisa bersinergi dengan wartawan dan ikut merayakannya. Kenapa Pemerintah Humbahas yang dipimpin oleh Kepala Daerahnya Dosmar cuek, luar biasa," kata Andy.

Andi juga mengatakan, padahal pemerintah mengajak seluruh insan pers untuk memperkuat sinergitas dan soliditas. Karena pemerintah mengakui peran pers sangat penting bagi masyarakat untuk mengetahui segala informasi yang ada di daerah itu.

Apalagi, dimasa pandemi ini, wawasan masyarakat harus lebih luas untuk mengikuti informasi perkembangan situasi di daerah maupun di negara kita ini," ucapnya.

"Biarpun dicuekin, bahwa acara perayaan ini merupakan wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kita masih diberikan kesehatan, keselamatan dan kemudahaan dalam menjalankan profesi wartawan selama ini. Semoga kita semua diberikan perlindungan oleh Tuhan saat menjalankan tugas peliputan dilapangan," ungkapnya dengan harapan kecewa.

Sementara, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarhor hanya mengucapkan perayaan Hari Pers Nasional 2021 ini melalui selembaran dengan mengirim ke aplikasi WhatsApp.

Dalam lembaran itu tertulis, Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan mengucapkan selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021.

"Dimasa pandemi Covid 19, semoga pers menjadi akselerator perubahaan, semakin profesional, berkualitas, dan mencerdaskan masyarakat," ucap Dosmar melalui aplikasi WhatsApp saat dikonfirmasi wartawan.

Disinggung, apakah Bupati tidak ada berencana merayakan sembari membuat pernyataan, dirinya tak mau menjawab meski sudah dibaca.

Kepala Dinas Kominfo Pemkab Humbang Hasundutam Hotman Hutasoit, juga tidak dapat menjawab setelah dilayangkan melalui pesan singkat maupun aplikasi WhatsApp oleh awak media, meski sudah dibaca.(ds/carlos)

Share:
Komentar

Berita Terkini