Anggota DPRDSU Timbul Sinaga Desak Perusahaan Salurkan CSR

Dibaca:
Editor: Romi Syah author photo


 

DailySatu.com, Anggota DPRD Sumut  DR. Timbul Sinaga, SE, MSA melaksanakan reses di Desa Medan Senembah, Ujung Serdang, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (26/2/2021).

Reses yang bertujuan menjaring aspirasi masyarakat ini dilakukan anggota komisi A DPRD Sumut DR Timbul Sinaga dan disambut baik oleh warga Medan Senembah, Desa Ujung Serdang.

Beragam aspirasi masyarakat disampaikan kepada anggota DPRD Provinsi ini, diantaranya, soal bantuan UMKM yang tak pernah sampai kepada masyarakat, pupuk bersubsidi yang tersendat, dan bantuan pengadaan bibit ikan dan obat-obatan dan bantuan ternak.

Menurut pengakuan salah seorang warga St.Boru Sinaga, selama ini anggota DPRD Sumut hanya bisa mem-PHP (pemberi harapan palsu). Dijanjikan akan menyalurkan bantuan dan memperhatikan kebutuhan masyarakat namun sampai sekarang tak pernah janji itu terealisasi.

"Kami yakin dan percaya dengan kedatangan Pak Timbul Sinaga akan membawa perubahan bagi desa kami. Hal itu sudah nyata dan terlihat adanya perubahan di beberapa desa di Kabupaten Deli Serdang,” kata Br.Sinaga.

Hal senada juga disampaikan Lena, warga Medan Senembah yakni semua keluhan dan keinginan sudah disampaikan kepada Anggota DPRD Sumut Timbul Sinaga. Dan diharapkan secepatnya akan terealisasi secepatnya.

Menanggapi aspirasi yang disampaikan warga Medan Senembah, anggota DPRD Sumut dari Partai Nasdem ini mengatakan bahwa secara umum hal pertama yang akan dilakukan adalah pengembangan pertanian, peternakan dan UMKM. 

“Makanya setiap kali reses saya selalu memberikan inisiasi pelaksanaan program program seperti itu. Dan akan berusaha membuat program program itu disetiap UPT Provinsi Sumatera Utara. Alasannya, karena daerah ini sangat dekat dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura,” tuturnya.

Apalagi ditahun 2021 ini sesuai dengan rencana sebelumnya akan dibangun pakan ternak oleh pemerintah provinsi. Untuk mendukung program ini maka perlu dibangun kelompok-kelompok usaha seperti kelompok usaha pertanian, perikanan, peternakan maupun kelompok usaha lainnya.

Kelompok itu bisa dalam bentuk kelompok ternak, kelompok tani maupun koperasi. Dan itu merupakan tanggungjawab pemerintah untuk memfasilitasinya berupa stimulus, jelasnya.

Selain itu, tambahnya, jika dilihat dari sisi ekonomi, negara kita ini bisa bertahan jika pemerintah memberikan perhatian pengembangan disektor pertanian, peternakan dan UMKM. Jika pemerintah serius menyalurkan anggaran disektor tersebut maka masyarakat akan bisa bertahan dalam kondisi apapun. 

Pria berlatar belakang pendidikan ekonomi ini menilai bahwa persoalan-persoalan inilah yang tidak semuanya difahami oleh pihak eksekutif. Karena pihak eksekutif tidak mempunyai prioritas dalam mengembangan perekonomian maka mereka tidak akan bisa mengganggarkannya.

Dan saya yang memiliki latarbelakang pendidikan ekonomi akan mendorong pengembangan perekonomian di Sumatera Utara, pungkasnya.

Dikesempatan itu, DR Timbul Sinaga juga mengajak masyarakat  ikut berpartisipasi membangun ekonominya agar persoalan bansos dan PKH kedepannya tidak lagi dipentingkan karena masyarakat sudah memiliki kekuatan ekonomi. "Jika ekonomi masyarakat kuat maka negara akan maju,” tegasnya.

Dia juga mengatakan akan serius mendampingi warga untuk membuat kelompok menjadi unit-unit usaha sesuai dengan keahlian dan potensi yang ada.

Apalagi disaat reses, Timbul Sinaga melihat banyak ibu-ibu rumah tangga yang hadir. Dan menawarkan kepada para ibu rumahtangga yang berkeinginan mengembangankan pendidikan dan pengetahuan memasak kue. Dan tawaran itu disambut baik oleh mereka.

Melihat banyaknya potensi yang bisa dikembangkan di desa itu, dia pun menyampaikan idenya kepada masyarakat untuk mengembangankan tanaman secara hidroponik. Soal pemasaran hasilnya bisa langsung mensuplainya ke supermarket di Kota Medan dan Deliserdang. Dengan tetap  harus menjaga kualitas barang. (sus)

Share:
Komentar

Berita Terkini