Roni Situmorang: Vaksin Covid-19 Perlu Kajian Yang Komprehensif

Dibaca:
Editor: Bang Romi author photo

 


DailySatu.com, Bendahara Fraksi Partai NasDem Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Roni Reynaldo Situmorang menegaskan bahwa  perlu ada kajian komprehensif terkait kehadiran vaksin Covid-19 yang sudah disuntikkan kepada kelompok penerima di 34 provinsi di Indonesia.

"Saya kira kita bukan menolak, tetapi perlu ada kajian komprehensif mengingat vaksin yang digunakan jenis Sinovac ini tergolong baru," katanya kepada wartawan diruang kerjanya Gedung Dewan Jalan Imam Bonjol Medan, Kamis (14/1/2021).

Politisi Muda Partai NasDem itu merepon penyuntikan virus Corona yang dilakukan serentak, termasuk di Sumut dan terkait masih ada keraguan di kalangan masyarakat tentang efektifitas obat produksi China itu.

Menurut Roni, kajian komprehensif dinilai penting karena hal ini menyangkut keselamatan kelompok penerima, termasuk nantinya untuk tenaga medis dan pendidikan. Artinya, kajian itu perlu dilakukan secara luas dan lengkap yang meliputi berbagai aspek, termasuk kemanjuran vaksin itu sendiri.

Menyinggung tentang dirinya siap divaksin itu, Rony mengatakan, pihaknya tidak berada pada posisi menolak. "Intinya perlu ada kajian komprehensif, sedangkan vaksin lama ada studi," ujarnya. 

Roni juga berpendapat, jika kemudian penyedia atau pemegang merek belum berani tanggungjawab secara hukum, maka bagaimana konsekuensinya bila ada risiko yang muncul kemudian. 

"Artinya, masyarakat menerima vaksin seperti diwajibkan pemerintah, namun lalu siapa yang bertanggungjawab jika terjadi apa-apa di belakang hari," katanya.

Inilah yang menurut Rony harus dicarikan solusinya, agar tidak ada lagi rasa kekhawatiran dari masyarakat, sehingga diharapkan kemanjurannnya benar-benar dapat mencegah pandemi itu.

"Harusnya dicari solusi untuk itu dan harus ada yang bertanggungjawab secara. Bukan menuduh dan menolak," pungkasnya. (sus)

Share:
Komentar

Berita Terkini