Pencuri Mobil Pick Up Di Dor Reskrim Polsek Deli Tua

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Upaya dirinya untuk bersembunyi dan melarikan diri kandas sudah di tangan pihak Kepolisian Sektor Deli Tua. Tersangka merupakan pencuri mobil pick up BK 9369 EM, milik korbannya Tiopan Pandu Silitonga, yang hilang Selasa 15 November 2020 lalu subuh sekira pukul 05.00 wib.

Tersangka yang diringkus bernama 

Asido Marpaung (28) warga Jalan Pintu Air IV Gang Bersama, Kelurahan Kwala Bekala Medan Johor. Dimana sebelumnya teman tersangka bernama Yandra Putra alias Iwan alias Ajo, sudah ditangkap sebelumnya oleh Unit Reskrim Polsek Deli Tua.

Informasi yang dihimpun, Rabu (28/1/2021) di Polsek Deli Tua menyebutkan, pencurian yang dilakukan tersangka terjadi beberapa bulan yang lalu bersama 3 orang temannya. Dimana korban memarkirkan mobilnya di depan rumah. Paginya, ketika korban keluar dan hendak pergi ke pajak, dilihatnya mobil pick up miliknya sudah tidak ada lagi. 

Petugas Unit Reskrim Deli Tua langsung melakukan cek tkp. Petugas langsung melakukan penyelidikan dan penyidikan kehilangan mobil tersebut. Didapat satu nama Yandra Putra alias Iwan alias Ajo, dan berhasil diringkus. 

" Yandra inilah yang pertama kami ringkus dan ia mnegakui perbuatannya melakukan pencurian mobil bersama dua temannya Asido Marpaung dan Kocik," kata Kanit Reskrim Polsek Deli Tua Iptu Martua Manik SH MH, didamping Panit I Ipda D.P Ginting SH, saat di wawancarai di ruang kerjanya.

Setelah dilakukan penyelidikan, lanjut Kanit Reskrim, petugas mendapatkan informasi keberadaan Asido Marpaung berada di Jalan Pintu Air IV, Gang Bersama, Keluarahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor. 

Tak mau statusnya sebagai DPO, kabur lagi. Unit Reskrim Polsek Deli Tua, yang dipimpin Panit II Reskrim Ipda Elia Karo-karo SH, bersama personil langsung menuju lokasi dan langsung melakukan penangkapan. Saat ditangkap tersangka mengakui perbuatannya dengan mencuri mobil bersama Yandra Putra dan Kocik.

Tersanga Asido dibawa untuk dilakukan pengembangan untuk menunjukan keberadaan Kocik. Ketika dalam perjalanan, Asido melawan petugas dengan mendorong hingga petugas jatuh, dan tersangka di berikan tindakan tegas dan terukur.

" Kita sudah memberikan tembakan peringatan oleh tersangka serta tidak diindahkan dan terpaksa di berikan tindakan tegas dan terukur pada betis kirinya," ungkap Iptu Martua Manik.

Selain tersangka polisi juga mengamankan barang bukti berupa,1unit handphone merk samsung warna merah hitam, yang dibeli tersangka dari hasil penjulan mobil tersebut, 1celana pendek merk Lee warna biru, yang dipakai tersangka saat melakukan aksinya, disita dari tersangka Yandra Putra. Sementara dari Adiso Marpaung disuta barang bukti, celana pendek keper warna hitam, yang dipakainya saat mencuri mobil, dan 1baju kaos lengan panjang warna merah, yang di belinya dari hasil kejahatan mencuri mobil.

Selanjutnya tersangka dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara, untuk mendapatkan perobatan. Setelah itu petugas langsung memboyongnya ke Polsek Deli Tua, untuk dilakukan proses lanjut sebagai bentuk tindak kejahatannya.

" Tersangka dikenakan pasal 363 KUHPidana, pencurian dengan pemberatan dan merugikan orang lain harta bendanya,  dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara," tandas mantan Kasat Reskrim Polres Nias ini(ds/wandi)

Share:
Komentar

Berita Terkini