KPUD Simalungun Tetapkan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Simalungun, menggelar rapat pleno Penetapan Pasangan Calon Terpilih Bupati dan Wakil Bupati Simalungun pada Pilkada Serentak yang diselenggarakan pada tahun 2020.

Penetapan Pasangan Calon terpilih digelar di Hotel Sing A Song yang berada di Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Rabu (20/1/2021).

Ketua KPUD Simalungun Raja Ahab Damanik dalam sambutannya mengatakan, per tanggal 18 Januari 2021, Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengeluarkan pengumuman Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK). Di dalam BRPK tersebut, tidak ada dicantumkan gugatan untuk Pilkada Simalungun.

"Sesuai PKPU 19 Tahun 2020, 3 Hari setelah MK mengumumkan BRPK, dan tidak ada gugatan didalamnya maka KPUD diperintahkan untuk melaksanakan penetapan paslon terpilih, dan hari ini kita akan menetapkannya" ucap Ketua KPUD Simalungun itu.

Raja Ahab Damanik berharap, acara Penetapan Calon Terpilih Bupati dan Wakil Bupati Simalungun dapat berjalan lancar.

Raja Ahab Damanik kemudian menerangkan, setelah penetapan pihaknya melalui sekreriat KPUD Simalungun, akan mempersiapkan secara administrasi SK Penetapan maupun SK pengusulan untuk diajukan ke DPRD kemudian ditindaklanjuti untuk pelaksanaan paripurna.

Sementara itu, di pertengahan acara rapat pleno penetapan calon terpilih, Ketua KPUD Simalungun Raja Ahab Damanik menskor rapat dan mengatakan akan kembali dilanjutkan pada pukul 17:00 WIB.

Alasan rapat diskor untuk mempersiapkan segala berkas yang dibutuhkan untuk penetapan. "Iya kita skors untuk istirahat, dan mempersiapkan berkas, kemudian nanti pukul 17:00 WIB kita akan kembali melanjutkan dan menetapkan calon terpilih" ucap Raja Ahab.(ES) 

Share:
Komentar

Berita Terkini