Ketua Umum PB - LKP Apresiasi Kinerja Pemerintah Tangani Covid 19

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Ketua Umum Pengurus Besar Lembaga Kebudayaan Pakpak (PB-LKP), Raja Umar Ujung mengapresiasi kinerja pemerintah dalam menangani masalah Covid-19 di Kabupaten Dairi.

Disebutkannya, semua pelayanan dan acara-acara yang dilaksanakan di lingkungan Pemkab Dairi sudah mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

"Saya sudah bertemu dengan Kepala Dinas Kesehatan dan Satuan Tugas (Satgas) Penangan Covid-19. Dari keterangan mereka dan pantauan saya, terkait acara-acara dan kegiatan yang dilakukan di lingkungan Pemkab Dairi semua sudah dilakukan sesuai Prokes," ucap Umar, Senin (25/1/2021).

Terkait ada beberapa tenaga kesehatan/medis yang terkonfirmasi Covid-19, ia juga telah menyampaikan langsung kepada Direktur RSUD Sidikalang, untuk mensterilkan rumah sakit, sehingga pelayanan tidak terganggu.

Menurutnya, Bupati Dairi terlihat sudah turun melakukan Sidak ke Puskesmas di kecamatan dan desa untuk memberikan semangat kepada tenaga kesehatan, sekaligus memeriksa kesiapan vaksinasi Covid-19.

"Penanganan Covid-19 juga tetap konsisten dilakukan dengan metode testing, tracing dan treatment," sebutnya.

Dengan apa yang dilakukan Pemkab Dairi, ia meyakini bawah strategi pemulihan ekonomi dan pembangunan yang terus diupayakan pemerintah akibat dampak Covid-19 dapat terselesaikan satu persatu.

Untuk itu diperlukan kebersamaan dan saling mendukung niat-niat baik yang dilakukan pemerintah. "Saya yakin semua persoalan pasti dapat diselesaikan dengan cara duduk bersama," ujar Umar.

Ditambahkan Umar, saat ini Pemkab Dairi masih mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi Covid -19. Oleh karena itu mari dukung segala upaya yang dilakukan pemerintah untuk memutus dan mencegah virus corona.

Terpisah Direktur RSUD Sidikalang dr Sugito Panjaitan saat dikonfirmasi menjelaskan, untuk mengantisipasi RSUD Sidikalang dari penyebaran dan penularan virus corona akibat adanya tenaga kesehatan yang terkonfirmasi Covid-19. Pihaknya telah mensterilkan seluruh ruangan dan lingkungan sekitar rumah sakit dengan standard yang diatur, dan sudah melalui konsultasi ke Dinas Kesehatan Propinsi Sumater Utara. 

"Proses sterilisasi ruangan rumah sakit kami menggunakan sinar UV (Ultraviolet) selama dua jam setiap hari, yakni pukul 16.00 - 18.00 WIB. Selama proses sterilisasi dilakukan, pelayanan IGD dialihkan sementara ke ruangan Poliklinik RSUD Sidikalang," terang Sugito.

Sugito juga menyampaikan, pada dasarnya Satgas penangan Covid-19 sangat serius dalam menangani Covid-19 di Dairi. Diakuinya, dari bidang penanganan kesehatan setiap ada kasus terkonfirmasi positif, tim satgas penanganan Covid-19 langsung melakukan penyelidikan epidemiologi, pemeriksaan kontak erat, melakukan komunikasi risiko dan merujuk ke rumah sakit bila diperlukan.(ds/Hartono)

Share:
Komentar

Berita Terkini