Fraksi NasDem DPRDSU Apresiasi & Dukung UKM-IKM Nusantara

Dibaca:
Editor: Bang Romi author photo


 

DailySatu.com, Fraksi Partai NasDem Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mendukung langkah dan kinerja para pelaku usaha kecil menengah (UKM) dan industry kecil menengah (IKM) yang dinilai sangat baik dan proaktif untuk memajukan perekonomian di provinsi ini.

"Fraksi Partai NasDem dan pimpinan DPRD Sumut memberi apresiasi kepada DPW UKM-IKM Nusantara yang memiliki niat tulus untuk memajukan usaha kecil masyarakat di SUmut. Kita juga berharap wadah ini bisa mendukung program gubernur untuk menjadikan Sumut Bermartabat,” kata Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Sumut, dr Tuahman Fransiscus Purba saat menerima audiensi DPW UKM-UKM Nusantara Sumut diruang rapat fraksi gedung dewan Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (20/1/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Sumut dari Fraksi Partai NasDem Rahmansyah Sibarani SH, Bendahara Fraksi NasDem Rony Reynaldo Situmorang dan Anggota Fraksi Parsaulian Tambunan didampingi Tenaga Ahli Fraksi Anderson King Junior.

Dari pegiat UKM, langsung dihadiri Ketua Korda DPW UKM dan IKM Sumut, Binsar M Simatupang didampingi Ketua bid Sosial dan UKM Cut Dian Satriani SH M.Kn, Ketua bid Wanita Pengusaha Rohayati, Wakil Ketua Rita Situmeang SH, Bendahara Iswarni Nst SH, Wakil Sekretaris Dewi Handayani dan Anggota Juli.

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani mengatakan sebagai wujud dan rasa tanggungjawab sebagai wakil rakyat, pihaknya terus mendukung UKM-IKM di Sumut, karena berdasarkan laporan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), pertumbuhan ekonomi Sumut naik 23 persen. 

"Maka dari kita mendesak instansi dan dinas terkait agar ikut membantu para pelaku UKM-IKM di Sumut, begitu juga dengan seluruh BUMD dan BUMN agar memberikan bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) maupun Cooporate Social Responsibility (CSR) kepada para pelaku UKM-IKM sebagai modal untuk pengembangan usaha,” tegasnya.

Hal senada juga dikatakan Bendahara Fraksi Partai NasDem, Rony Reynaldo, yang berharap agar lembaga bantuan keuangan mau juga ikut membantu untuk mengucurkan bantuan kepada para pelaku UKM-IKM yang saat ini sedang berjuang untuk memberdayakan dan memajukan ekonomi masyarakat.

"Karena selama 2 fase ini, yakni saat krisis ekonomi dan Covid-19, banyak usaha ‘raksasa’ yang ‘bertumbangan’, hanya UKM dan IKM yang mampu bertahan. Ini sangat patut diapresiasi dan didukung oleh semua pihak termasuk pemerintah dan DPRD. Maka dari itu, dengan hadirnya DPW UKM-IKM Nusantara Sumut, diharapkan dapat menjangkau seluruh pegiat UKM di Sumut agar bantuan lebih mudah disalurkan," ujar Rony.

Rony juga menjelaskan bahwa Fraksi NasDem DPRD Sumut juga berjanji akan berupaya membantu khusus untuk UKM pada APBD Tahun 2022 mendatang dan juga saat ini sedang melakukan pengkajian terhadap rancangan peraturan daerah (Ranperda) Jamkrida untuk memajukan UKM dan IKM di Sumut. 

“Sudah menjadi kajian khusus di Fraksi NasDem saat ini tentang Ranperda Jamkrida yang kita berupaya agar regulasi ini bisa mendongkrak roda perekonomian bagi masyarakat kecil di Sumut, sehingga pertumbuhan ekonomi di provinsi ini bisa adil dan merata,” terang Bendahara Fraksi NasDem ini.

Sementara itu, Ketua DPW UKM IKM Sumut Binsar M Simatupang SE MM mengatakan, organisasi yang mendapat mandate pada 22 Oktober 2020 lalu itu, sudah melakukan serangkaian kegiatan, termasuk pelatihan. 

"Kita ini bebas dari kegiatan politik, dan berfokus pada peningkatan UKM di Sumut dan kita juga siap berkolaborasi dengan pihak manapun untuk memajukan usaha kecil masyarakat,” tuturnya.

Tidak hanya itu, lanjut Binsar, pihaknya juga telah melakukan kunjungan kesejumlah bank untuk menjalin kerjasama memajukan pelaku UKM di Sumut. “Pada Februari 2021 nanti, pihaknya akan melakukan bincang bisnis dengan Bank Sumut.

Selain itu kita juga sudah membantu 277 UMKM dan bekerja sama dengan Dinas Koperasi Sumut terkait pengeluaran izin usaha dan hari ini kita mendatangi Fraksi NasDem DPRD Sumut. Dan diharapkan dengan upaya yang telah dilakukan ini, 17 bidang usaha yang digeluti oleh para anggota UKM IKM, kami siap memajukan ekonomi masyarakat," tegasnya.

Binsar juga mengungkapkan bahwa selain kepengurusan di tingkat provinsi, pihaknya juga telah membentuk 23 pengurus cabang di kabupaten/kota di Sumut. “Hanya Medan yang belum terbentuk. Dan kalau tidak ada aral melintang, pada April 2021, sebanyak 23 cabang akan dilantik,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua bid Sosial dan UKM Cut Dian Satriani SH M.Kn, mengatakan bahwa terbentuknya DPW UKM-IKM Sumut bertujuan untuk membantu masyarakat yang kecil yang memiliki usaha yang kesulitan untuk memasarkan dan mendapatkan modal.

Tidak hanya itu, lanjut Cut Dian, DPW UKM-IKM Sumut juga akan menginformasikan kepada seluruh pelaku usaha kecil tentang pengurusan izin usaha yang ternyata selama ini tidak dipungut biaya dan masa berlakunya tidak memiliki batasan waktu.

“Hal inilah yang akan kita gaungkan kepada masyarakat tentang pengurusan izin yang tidak lagi dipungut biaya alias gratis dan tidak ada kadaluarsa terhadap izin tersebut. Selama ini, masyarakat tidak mengetahui hal itu, karena aparat pemerintah melalui dinas terkait sangat minim sekali memberikan informasi ini kepada para pelaku usaha kecil dan masyarakat luas pada umumnya. Ini sangat kita sayangkan. Maka dari itu, dengan adanya wadah ini, kita akan bergerak terus untuk membantu memajukan perekonomian masyarakat,” tandasnya. (sus) 

Share:
Komentar

Berita Terkini