Anggota DPRDSU Fraksi Golkar Fasilitasi Perobatan Penderita Tumor Rahim

Dibaca:
Editor: Bang Romi author photo


Dailysatu.com - Sarmi, salah seorang warga kurang mampu Dusun Satu, Desa Sei Apung, Kecamatan Tanjung Balai, Kabupaten Asahan penderita tumor Rahim selama 12 tahun bisa tersenyum ceria kembali dan berkumpul bersama keluarga pasca menjalani operasi di Rumah Sakit H Adam Malik Medan pada awal Januari 2021 kemarin.

Operasi tersebut dapat terlaksana atas bantuan dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dari Fraksi Partai Golkar, daerah pemilihan (Dapil) Sumut V meliputi Kabupaten Batubara, Asahan dan Kota Tanjung Balai, Mahyaruddin Salim Batubara SE yang langsung berkoordinasi dengan Rumah Sakit H Adam Malik Medan dan Dinas Kesehatan Provsu.

“Benar ada warga Kabupaten Asahan yang membutuhkan bantuan perobatan untuk penyakit yang dideritanya selama 12 tahun. Dan Alhamdulillah, atas bantuan pihak-pihak yang terlibat seperti warga yang rela memberikan sumbangan dana, kepala dusun, kepala desa, camat, Dinas Kesehatan Provsu, serta Rumah Sakit H Adam Malik, Sarmi bisa menjalani operasi sampai sembuh,” kata Mahyaruddin kepada wartawan melalui sambungan telepon seluler di Medan, Minggu (24/1/2021).

Mahyaruddin menjelaskan, bahwa pada 4 Januari 2021 kemarin dirinya mendapat informasi melalui media sosial yang dikirimkan Komunitas Pegiat Sosial tentang kondisi Sarmi yang sangat membutuhkan penanganan kesehatan. Berdasarkan informasi tersebut, dirinya kemudian langsung mendatangi rumah warga yang menderita tumor rahim itu guna memberikan arahan dan pertolongan supaya bisa segera mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Ketika kita melihat kondisinya, saya langsung meminta keluarga Sarmi untuk membawanya ke Rumah Sakit Murni Teguh di Medan. Bersama warga dan keluarga, Sarmi kemudian dibawa ke RS yang saya sarankan tersebut,” ucapnya.


Namun, sambung Mahyaruddin, Sarmi hanya mendapatkan perawatan 1 malam saja di RS Murni Teguh karena tidak memiliki surat-surat kependudukan untuk mengurus BPJS Kesehatan akibat dibawa pergi suaminya dan keterbatasan biaya yang berasal dari sumbangan warga.

Mendengar informasi tersebut, wakil rakyat yang dikenal suka menolong ini, langsung mengeluarkan Sarmi dari RS Murni Teguh dan menyelesaikan seluruh biaya administrasi Sarmi dan membawanya ke RS H Adam Malik.

Tidak sampai disitu, Mahyaruddin kemudian menghubungi Kepala Dinas Kesehatan Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan M.Kes dan Direktur Utama RS H Adam Malik, dr Zainal Safri SpPD-KKV, SpJP (K) untuk bekerjasama membantu warga kurang mampu yang sangat membutuhkan penanganan kesehatan ini.

“Setelah saya hubungi, Kadinkes Sumut kemudian menghubungi Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dr Nelly Fitriani untuk mengurus seluruh biaya operasi Sarmi dengan menggunakan APBD Sumut Tahun 2021 sebesar Rp5.040.000.000,- miliar yang dimasukan dalam kategori Dana Pembiayaan Jaminan Kesehatan bagi Non Register. Begitu juga dengan Dirut RS H Adam Malik yang langsung meminta dr Maliana untuk mengurus semua keperluan pasien. Namun sebelumnya, pihak keluarga harus melengkapi Surat Keterangan Miskin dari kepala desa atau camat yang dibawa ke dinas sosial setempat. Surat miskin ini sebagai syarat agar Sarmi bisa dibiayai dari APBD Sumut,” ungkap Politisi Muda Partai Golkar ini.  

Setelah berkoordinasi dan bekerjasama dengan Dinkes Sumut, masih kata Mahyaruddin, Sarmi warga Dusun Satu, Desa Sei Apung, Kecamatan Tanjung Balai, Kabupaten Asahan ini akhirnya menjalani operasi tumor rahim di RS H Adam Malik Medan dengan bantuan dari APBD Sumut Tahun 2021. 

“Pasca menjalani operasi, kondisi Sarmi berangsur pulih dan saat ini sudah kembali ke rumahnya berkumpul bersama keluarga. Pada kesempatan ini, saya juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dusun Satu M Faisal Hasma Sitompul, Kepala Desa Sei Apung Solahuddin, Camat Tanjung Balai Muhammad Idris Hasibuan, Ketua Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) Kecamatan Tanjung Balai Rosleli, Sekretaris PEKKA Yusnita, Kadinkes Sumut dr Alwi Mujahir Hasibuan, Kabid Pelayanan Kesehatan dr Nelly Fitriani yang telah memberikan kemudahan dan bantuan materil serta moril kepada Sarmi, sehingga bisa menjalani operasi tumor rahim yang telah dideritanya selama 12 tahun,” pungkas Wakil Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPRD Sumut ini.

Perlu diketahui, bahwa Dana Pembiayaan Jaminan Kesehatan bagi Non Register sebesar Rp5.040.000.000,- miliar yang dianggarkan di APBD Sumut Tahun 2021, merupakan program Pemprovsu yang dalam hal ini adalah Gubernur dan Waki Gubernur Sumut Edy Rahmayadi-Musa Rajeckshah yang diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu yang membutuhkan pelayanan maupun pertolongan kesehatan dan non bencana yang tujuannya untuk menjadikan Sumut Bermartabat.

“Kepada masyarakat, khususnya bagi para ibu-ibu juga kita ingatkan agar sesering mungkin melakukan medical cek-up ke Puskesmas atau klinik terdekat, untuk menjaga kesehatan dan guna mendeteksi suatu penyakit, agar bisa cepat ditangani dan tidak sampai berlarut-larut,” paparnya.

“Terima kasih juga saya ucapkan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi-Musa Rajeckshah yang melalui program Sumut Bermartabat bisa membantu warga kurang mampu mendapat penanganan kesehatan sampai sembuh. Saya salut dan bangga punya pemimpin seperti Gubsu dan Wagubsu Edy Rahmayadi-Musa Rajeckshah yang memiliki cara dan kebijakan cukup bermartabat dalam mengatasi persoalan warga yang kurang mampu. Sehingga ada solusi untuk mendapatkan harapan hidup. Tentu banyak cerita suka duka perjalanan Sarmi yang membuat saya matang untuk memahami pentingnya kehadiran pemerintah dalam membantu warga seperti Sarmi. Saya bisa merasakan betapa pedihnya menjadi warga yang kurang mampu ketika mendapat cobaan dan musibah,” urainya.  

Tidak hanya itu, Mahyaruddin yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Bappilu DPD Golkar Sumut V juga menekankan, bahwa bantuan dan memfasilitasi agar Sarmi bisa mendapatkan penanganan kesehatan, selain bagian dari tugas sebagai wakil rakyat, juga telah menjadi kewajiban sebagai kader partai untuk menjalankan tugas-tugas kemanusiaan seperti membantu masyarakat kurang mampu, dampak bencana alam dan lainnya.

“Sebagai kader partai, kita diarahkan dan ditugaskan oleh Ketua DPD Golkar Sumut Bapak Musa Rajeckshah untuk selalu membantu masyarakat miskin yang memerlukan uluran tangan, pelayanan kesehatan, dampak terkena bencana dan lainnya. Dan ini harus kita jalankan sebagai bentuk loyalitas dan dedikasi kepada pimpinan,” tandasnya seraya menambahkan bahwa dirinya juga mendukung kebijakan Dirut RS H Adam Malik yang siap membantu kerjasama dengan Dinkes Provsu dalam memberikan pelayanan dan penanganan kesehatan bagi warga yang tidak memiliki jaminan kesehatan.

Sementara, Dirus RS H Adam Malik, dr Zainal Safri menegaskan bahwa pihaknya siap melayani pasien yang tidak mempunyai jaminan kesehatan, yang biayanya dicover dari Dinkes Provsu melalui anggaran daerah.

Sementara itu, Ramdhani adik kandung Sarmi saat dihubungi mengucapkan terima kasih kepada Anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai Golkar, Mahyaruddin Salim Batubara yang telah membantu dan memfasilitasi perobatan kakaknya ketika mulai masuk rumah sakit pada 6 Januari 2021 kemarin hingga keluar dari rumah sakit.

“Saya beserta keluarga sangat mengucapkan terima kasih kepad Bapak Mahyaruddin yang membantu dan memfasilitasi rumah sakit dan perobatan kakak saya sampai keluar dari rumah sakit. Semoga Allah SWT membalas segala kebaikan kepada bapak dan keluarga,” tutur Ramdhani. (sus) 

Share:
Komentar

Berita Terkini