Akses Jalan Ditutup, AMBB Gelar Aksi Demo Didepan PT STTC

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Puluhan warga yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Belawan Bersatu (AMBB) melakukan aksi unjuk rasa didepan pintu masuk PT. Sumatera Tobacco Trading Company (STTC) di Jalan Ahmad Bekawan, lingkungan Xl, kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan,  Selasa (05/01/2021).

Dalam aksi tersebut, warga menuntut kepada perusahaan untuk membuka akses jalan pemukiman warga yang diserobot Perusahaan.

Dari pantauan wartawan dilokasi, selain mengadakan orasi para massa aksi juga membakar ban didepan pintu masuk perusahaan dan membongkar tembok pembatas.

Kordinator aksi Dedi Ritongah mengatakan dalam orasinya, meminta perusahaan untuk membuka akses jalan warga yang ditutup sepihak oleh perusahaan.

Kepada pimpinan STTC untuk menghentikan pembangunan dan membuka jalan yang telah di akses oleh BPN Medan, sebagai jalan masyarakat Belawan Bahari seluas 13. 431 Meter persegi.

Lanjut Ritonga, hal itu berdasarkan atas surat hibah saudara Mujianto serta hasil notulen rapat dari kepala BPN Kota Medan, bahwa benar lahan seluas tanah 25 × 573,24 M2 atau 13.431 meter persegi dari yang di pecah seluas 109.172 dengan SHM Nomor: 720 di kuasai PT. STTC tersebut diperuntukkan untuk fasilitas umum.

Selain itu, semenjak adanya perusahaan ini kerap kali rumah warga dilanda banjir yang sudah tidak dapat diprediksi lagi, sebelum, banjir ROB dapat diprediksi warga  kapan datangnya. Namun semenjak adanya PT. STTC ini sulit sekali di prediksi.

PT. STTC perusahaan yang bergerak dibidang tembakau rokok ini, membuat tembok tinggi sehingga membuat warga yang bermukim diarea kesulitan untuk beraktivitas, selain itu pihak perusahaan juga menimbun tinggi areal perusahaan tanpa mempertimbangkan warga yang bermukim.

Dalam orasinya juga, Dedi Ritonga mengatakan pihaknya akan terus melakukan aksi dengan massa yang lebih besar kalau pihak perusahaan tidak memberikan hak warga.

Sementara itu, hingga aksi demo digelar tidak seorang pun perwakilan perusahaan yang menemui para warga.(her)

Share:
Komentar

Berita Terkini