Polsek Patumbak Diresmikan Kapolda Sumut : Gedung Baru, Semangat Baru

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com -  Setelah sebelumnya mulai dirintis sejak tahun 2016 lalu, gedung Baru Mako Polsek Patumbak akhirnya diresmikan, Kamis (3/12/2020). 

Peresmian ini dilakukan langsung oleh Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, didampingi Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko, Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, dan Kapolsek Patumbak Kompol Arfin Fachreza SH SIK MH. 

Dalam sambutannya, Irjen Pol Martuani Sormin berharap, dengan diresmikannya Mako Polsek Patumbak yang baru ini dapat mewujudkan situasi Kamtibmas yang lebih kondusif, khususnya di Kecamatan Patumbak dan Medan Amplas ke depannya. Selain itu dia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Patumbak yang telah berkontribusi aktif dalam proses pembangunannya.

"Gedung baru menjadi semangat baru untuk mewujudkan Kamtibmas yang lebih kondusif. Ke depan harus sudah tidak ada lagi tempat bagi penjahat di Patumbak ini," ungkapnya.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko menjelaskan, ide munculnya pembangunan pembangunan Mako Polsek Patumbak ini setelah pada Juni 2020 Polrestabes Medan menghadapi permasalahan over kapasitas tahanan. Di mana terdapat jumlah tahanan yang mencapai 2.300 orang, sedangkan kemampuan kapasitas yang dimiliki hanya sebanyak 620 orang.

Oleh karena itu, kata Riko, pihaknya pun berkeliling mencari lokasi untuk penempatan para tahanan yang berlebih  tersebut. Sehingga akhirnya diputuskan untuk meneruskan pembangunan Mako Polsek Patumbak yang sempat terbengkalai selama 2 tahun. 

"Saat itu kondisi bangunan banyak pintu dan kaca yang pecah dan hilang. Kemudian kami bernisiatif merenovasi ruang tahanan untuk dijadikan rutan," ujarnya.

Awalnya, jelas Riko, diputuskan setiap harinya 5 orang melakukan penjagaan. Namun seiring waktu, banyak perubahan yang dilakukan oleh Kapolsek Patumbak hingga akhirnya Mako Polsek Patumbak yang baru pun selesai dibangun. 

Riko menerangkan, luas Mako Polsek Patumbak ini mencalai 3 kali lipat dari gedung Mako yang lama. Gedung Polsek berdiri di atas luas tanah 3.000 meter yang terdiri dari 2 lantai.

"Kami memang ditawari oleh Pemkab Deliserdang untuk ditambah 2.000 meter lagi. Kami mengucapkan terimakasih," ucapnya.

Riko menambahkan, pembangunan Mako Polsek Patumbak ini, pada lantai 1 nya, murni dilakukan atas swadaya dari masyarakat Patumbak. Sedangkan untuk lantai 2, dilakukan atas bantuan dari Pemkab dan Bupati Deliserdang. 

"Niat kami tak lain adalah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," pungkasnya. 

Sementara itu, Bupati Deliserdang Ashari Tambunan mengatakan, polisi memiliki peran strategis khususnya dalam Kamtibmas. Untuk mewujudkannya, sebut dia, perlu berbagai hal konkrit, salah satunya adalah sarana dan prasarana.

Oleh karena itu, kata Ashari, dengan dibangunnya Mako Polsek ini  diharapkan akan dapat menjaga keamanan di wilayah Patumbak. Selain itu, diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih banyak kepada masyarakat Patumbak. 

"Pemkab Deliserdang senantiasa akan mendukung seluruh kegiatan kepolisian. Karena kami sadar situasi kondusif hingga bergeraknya roda perekonomian tidak akan bisa diwujudkan tanpa adanya peran kepolisian," tandasnya. (ds/wandi)

Share:
Komentar

Berita Terkini