Polres Asahan Siapkan 580 Orang Personil Amankan Pilkada Asahan

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

dailysatu.com - Sebanyak 580 orang personil Polres Asahan disiapkan untuk pengamanan Pilkada di Asahan. Seluruh personil yang terlibat pengamanan itu telah dilakukan pemeriksaan kesehatan atau rapid test, Senin (7/12/2020) sekira pukul 16:00 Wib.

Hal itu diketahui dalam apel pergeseran pasukan yang digelar di halaman Mapolres Asahan, dimana acara apel pengamanan Pilkada serentak itu, langsung dipimpin oleh Kapolres Asahan,AKBP Nugroho Dwi Karyanto SIK.

Apel pergeseran pasukan dilakukan dalam rangka pengamanan pemungutan dan penghitungan suara di TPS (Tempat pemungutan Suara) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Asahan 2020. Seluruh personil Polres Asahan dari setiap Mapolsek disiapkan untuk melakukan pengamananan Pilkada serentak tersebut.

Acara apel pergeseran pasukan pengamanan itu juga dihadiri anggota PPS dan PPK seluruh Kab Asahan. Mereka tampak serius mendengarkan arahan Kapolres Asahan dalam apel pergeseran pasukan.

Kapolres Asahan, AKBP Nugroho Dwi Karyanto SIK mengatakan, sebanyak 580 orang personil Polres Asahan dipersiapkan untuk pengamanan Pilkada di Asahan. Mapolres Asahan juga telah mendapatkan bantuan pasukan BKO dari Poldasu dalam pengamanan tersebut.

Bantuan pasukan BKO tersebut terdiri dari Polres Batubara sebanyak 78 orang, Mapolres Langkat 32 orang dan 1 pleton dari pasukam pemukul Brimob. Semuanya personil tesebut akan digeser ke TPS masing-masing yang menjadi tempat tugasnya.

Sistem pengamanan, menurut Kapolres, akan dilakukan oleh 2 orang personil setiap TPS. Selain itu,dibantu pasukan pemukul dari Bagian Operasi akan melakukan patroli dalam skala besar.

Personil akan mendatangi masing-masing wilayah untuk melakukan pengamanan. Bukan hanya itu,katanya,dimasa tenang ini pihaknya juga akan melakukan operasi senyap.

Dalam arti, katanya, operasi senyap itu untuk mengantisipasi oknum-oknum yang akan melakukan 'money politik'. "Yang jelas operasi senyap kita lakukan untuk mengantisipasi oknum yang melakukan politik uang",tegas Nugroho.

Disela apel pergeseran pasukan itu juga dilakukan pembagian APD (alat pelindung diri) untuk personil pengamanan. Diantaranya, Face Shield,Masker,hand sanitizer,jas hujan dan sarung tangan.

Selain itu, seluruh personil yang terlibat dalam pengamanan Pilkada serentak itu telah dilakukan rapid test. Dalam pemeriksaan yang dilakukan seluruh personil dalam keadaan sehat dan non reaktif  Covid-19.(Hendri)

Share:
Komentar

Berita Terkini