Ziera: Peran Media Massa Cegah Penyebaran Covid-19 Efektif

Dibaca:
Editor: Bang Romi author photo


DailySatu.com, Peran media massa mencegah penyebaran Covid-19 cukup besar, karena masalah bahaya dan upaya mengatisipasi virus corona agar tidak berkembang ditengah masyarakat, diperlukan sosialisasi yang lebih efektif dan efesien.

Hal ini diungkapkan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Zeira Salim Ritonga kepada wartawan di Gedung Dewan Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (4/11/2020), terkait upaya memutus mata rantai pandemic Covid-19 di Sumut.

Menurutnya, salah satu sarana yang efektif dan efeien untuk melakukan pencegahan terhadap Covid-19 agar tidak terus berkembang, melalui media massa, karena rakyat Indonesia khususnya di Sumatera Utara yang berada di daerah-daerah cukup jauh, bahkan sampai ke daerah terpencil, sulit dijangkau untuk melakukan sosialiasi protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19.

“Media massa bisa menjangkau sampai ke pelosok desa, mensosialisasikan apa itu protokol kesehatan dan menyerukan masyarakat mematuhinya gun mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Karena, lanjut politisi PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) ini, media massa sekarang ini cukup banyak dan lua jangkauannya, selain media cetak (surat kabar, majalah, tabloid dan lainnya), juga ada media eletronik (televisi dan radio), bahkan juga media online yang lebih cepat. Apalagi saat ini semua informasi sudah masuk melalui medsos (media soial).  

Wakil Ketua Komisi B DPRD Sumut membidangi perekonomian ini mengatakan, mata rantai pandemic Covid-19 butuh tindakan cepat dan terukur, agar angka penularan dapat ditekan sekecil-kecilnya, sehingga wilayah zona merah bisa diturunkan ke zona lebih aman.

“Semua rakyat ingin, pandemik Covid-19 segera berakhir, agar mayarakat dapat kembali beraktivitas dan perekonomian normal kembali,” ungkapnya.

Ziera juga menyebutkan, bahaya Covid-19 dan cara pencegahan melalui protokol kesehatan,juga bisa disosialisasikan melalui media informasi lain, seperti pemasangan spanduk dan banner sampai ke sudut-sudut desa, agar bisa diketahui masyarakat sampai pelosok desa.

“Jika mata rantai penyebaran virus Corona terputus, masyarakat tidak lagi merasa was-was dan khawatir untuk keluar rumah,” ucapnya.

Karena itu, tegas Zeira, Pemprovsu dituntut lebih serius menekan penyebaran Virus Corona, dengan melakukan upaya-upaya maksimal melalui penekanan pentingnya mematuhi protokol kesehatan, agar masyarakat benar-benar paham tentang bahaya penularannya. (sus)
Share:
Komentar

Berita Terkini