SOL Berikan Beasiswa Ke Mahasiswa Berprestasi di Taput

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo


d
ailysatu.com - Sarulla Operation Limited (SOL), selaku pengelola Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sarulla di Kabupaten Tapanuli Utara, menyerahkan Beasiswa kepada 30 orang Mahasiswa dari keluarga tidak mampu yang berasal dari desa terdampak proyek SOL tahun 2020/2021.


Penyerahan beasiswa tersebut dilakukan di Aula Kantor Bupati Taput, Kamis (05/11/2020), dihadiri oleh Wakil Bupati Taput, Sarlandy Hutabarat, Camat Pahae Julu, Camat Pahae Jae, orang tua mahasiswa, dari SOL Melva Samosir, Manager ER CSR, Humas SOL, Industan Sitompul, ER Specialist, dan sejumlah staf SOL.

Dijelaskan Industan Sitompul, program beasiswa untuk mahasiswa berprestasi yang kuliah di sejumlah Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta  ini, merupakan bagian dari fokus kegiatan CSR SOL di bidang Pendidikan. Beasiswa ini diberikan oleh SOL untuk tingkat Diploma dan Sarjana sebagai salah satu upaya untuk membantu anak-anak masyarakat yang berprestasi dari 11 Desa terdampak proyek SOL. 

Program ini sudah dilakukan sejak Agustus 2018 dengan total anak yang sudah mendapatkan beasiswa sampai dengan tahun 2020 adalah sebanyak 42 orang. Untuk proses evaluasi dan seleksi sudah dilakukan sejak 18 Agustus hingga 22 Oktober 2020.

Dilanjutkan Sitompul, besarnya beasiswa yang diberikan adalah Rp 5 juta per tahun (Jul–Des dan Jan–Jun). Ditransfer langsung ke rekening penerima beasiswa. 

Selanjutnya, penerima beasiswa harus menginformasikan perkembangan prestasi akademik kepada pihak SOL sebagai bahan evaluasi dan penilaian apakah beasiswa tersebut layak dilanjutkan atau tidak untuk tahun berikutnya. 

Dari evaluasi yang dilakukan kepada para penerima beasiswa, hasilnya adalah, dari 10 orang penerima beasiswa 2018, ada 5 orang yang menerima beasiswa lanjutan di tahun 2019.

Dari 19 orang penerima beasiswa 2019, ada 12 orang yang menerima beasiswa lanjutan di tahun 2020.

Tahun 2020, SOL kembali memberikan peluang beasiswa kepada 18 anak yang berprestasi. Ada sebanyak 42 orang yang mengikuti proses seleksi dan 18 orang sudah terpilih untuk mendapatkan beasiswa pada tahun ini.

Total penerima beasiswa SOL untuk tahun 2020/2021 adalah sebanyak 30 orang. Yaitu 12 orang dari penerima beasiswa 2019 dan 18 orang dari hasil seleksi 2020.

"Selama satu tahun ke depan, SOL akan memantau perkembangan nilai akademis dari 30 mahasiswa yang menerima beasiswa pada tahun 2020 ini. Oleh sebab itu, program beasiswa ini diharapkan dapat memotivasi 
anak-anak untuk semakin bergiat belajar dan berprestasi, demi menuju masa depan yang gemilang," ujar Industan Sitompul.

Sementara Wakil Bupati Taput, Sarlandy Hutabarat meminta agar mahasiswa mensyukuri dengan adanya beasiswa dari SOL. Diharapkannya agar Mahasiswa bisa lebih berprestasi untuk menghadapi tantangan ekonomi global kedepan. (ds/Bisnur Sitompul)
Share:
Komentar

Berita Terkini