Soal Kebakaran Pasar Brastagi, Ketua DPRDSU dan Bupati Karo Temui Mensos RI

Dibaca:
Editor: Bang Romi author photo

 

 


 

DailySatu.com, Ketua DPRD Sumatera Utara Drs Baskami Ginting dan Bupati Karo Terkelin Brahmana menemui  Menteri Sosial Republik Indonesia Juliari P. Batubara, Kamis sore (19/11/2020) di lantai 2 Kemensos Jalan Salemba Raya no 28 Jakarta Pusat, menyerahkan surat permohonan bansos (bantuan sosial) untuk korban kebakaran Pasar Tradisional Berastagi-Karo

Diawal pertemuan itu, Ketua DRPDSU Baskami Ginting menuturkan kedatangannya bersama Bupati Karo ingin menyerahkan sejumlah catatan untuk dapat direalisaikan demi kebutuhan masyarakat tanah karo.

“Pasca terjadinya kebakaran pajak tradisional berastagi, banyak para pedagang mengeluh karena terancam tidak sanggup lagi membeli sembako. Hal ini yang harus membuat saya bersama bupati menemui pak menteri, jadi tolong dibantu para pedagang ini Pak menteri, saat ini mereka butuh uluran tangan. Pemda karo sendiri tidak mampu jika tidak ada dukungan pihak kemensos,” Ujar Baskami

Selain itu, Bupati karo Terkelin Brahmana, SH, MH menambahkan, terkait kebakaran pajak tradisional berastagi, sebelumnya sudah kita sudah lakukan pendataan. Dasar inilah pihak Pemkab membuat Surat Permohonan Nomor : 460/2172/Dinsos/2020 tanggal 18 Nopember 2020 tentang permohonan bantuan sosial.

Dalam surat ada tiga point penting kita catatkan Pak menteri, yaitu isi permintaan pertama Bantuan korban bencana kebakaran pajak tradisional berastagi, dengan rinci kios dan bale bale 535 unit dan 8 rumah. Kedua terkait bantuan isi perlengkapan rumah tangga Relokasi Siosar tahap III jumlah 892 KK dan ketiga bantuan untuk Penyandang disabilitas yang terdiri dari kursi roda, tongkat 3 kaki, alat bantu dengar kacamata baca.

“Jadi inilah Pak menteri, kami butuh campur tangan dan dukungan dari pihak kemensos agar beban masyara meringankan kesulitan ekonominya, semua itu tergantung Relaksasi Pak menteri,” ujar Terkelin.

Menanggapi, beberapa usulan yang disampaikan Bupati Karo dan Ketua DRPD SU, Menteri Sosial Republik Indonesia Juliari P. Batubara menyebutkan akan segera memprores usulan tersebut. Namun perlu diketahui pasti ada skala diprioritaskan untuk langsung menyentuh kebutuhan masyarakat.

Lanjutnya untuk bantuan sembako bagi korban kebakaran pajak tradisional berastagi, kita realisasikan segera, dalam waktu dekat ini saya dia awal Desember 2020 kita ke kab. Karo menyalurkan sembako tersebut.

“Mengenai perlengkapan alat rumah tangga korban erupsi gunung sinabung Relokasi Tahap III Siosar 892 KK akan direalisaikan dan untuk bantuan Penyandang disabilitas kita realisasikan dalam bentuk uang bukan dalam bentuk barang, namun jumlah uang masih dirapatkan, yang penting ketiga usulan ini saya tegaskan pihak merealisasikan,” terangnya. (sus)

 

Share:
Komentar

Berita Terkini