Robby Agusman: Pendidikan, Pertanian, Perekonomian dan Infrastruktur Jadi Fokus Kami Sejahterakan Rakyat

Dibaca:
Editor: Bang Romi author photo

 

 


dailysatu.com -  Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Nomor urut 1 Yusuf Siregar-Robby Agusman Harahap berjanji akan menjadikan kondisi masyarkat menjadi lebih baik dan lebih sejahtera lagi kedepannya.

 

Hal ini bisa dilakukan, kata Calon Wakil Bupati Tapsel Robby Agusman Harahap, dari berbagai sektor yang ada di Tapsel seperti dari sektor pertanian, hasil bumi maupun dari penglolaan dan peruntukan APBD yang tepat sasaran serta bantuan Coorporate Social Responsibility (CSR) perusahaan yang benar-benar diberikan kepada rakyat.


“Tapsel banyak memiliki potensi yang bisa digali dan dimanfaatkan untuk kemajuan daerah dan masyarakat, jika pengelolaannya benar dan tepat sasaran, seperti pengalokasian APBD yang harus benar-benar tepat sasaran sehingga masyarakat bisa menikmati pembangunan. Tidak hanya itu, sektor pertanian dan hasil bumi juga sangat memiliki potensi untuk memajukan perekonomian rakyat Tapsel, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang masih makan garam dan hidup dibawah garis kemiskinan,” kata Robby didampingi tim kuasa hukum Ranto Sibarani SH usai acara debat kandidat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tapsel tahun 2020 di Hotel Arya Duta Jalan Kapten Maulana Lubis Medan, Kamis (12/11/2020).

Robby menjelaskan, saat ini masih banyak generasi muda di Tapsel yang putus sekolah yakni sekitar 69,1 persen dan rata-rata hanya mengenyam pendidikan sampai 7 atau 8 tahun. Hal ini diakibatkan kondisi ekonomi yang jauh dari kata sejahtera akibat dari minimnya perhatian pemerintah sebelumnya dan minimnya pengelolaan sumber daya alam dari berbagai sektor yang tidak tepat sasaran.

“Jika kita diberikan kesempatan memimpin Tapsel, maka generasi muda wajib mengenyam pendidikan dan akan memberikan bea siswa bagi pelajar yang berprestasi,” tuturnya.

Tidak hanya itu, lanjut Robby, pihaknya juga akan memperjuankan hak-hak rakyat atas tanah ulayat yang selama ini tidak pernah jelas statusnya. Melalui pembuatan Peraturan Daerah (Perda) tentang Tanah Ulayat, pihaknya akan memetakan hak tanah rakyat, hak perusahaan dan ganti rugi atas hak tanah. Sehingga tidak ada lagi tumpang tindih dan gesekan antara perusahaan dan rakyat atas alas hak tanah.

“Untuk persoalan tanah, di Tapsel juga masih banyak yang belum selesai. Maka dari itu, untuk persoalan ini kita akan membuat regulasi yang jelas berupa Perda Tanah Ulayat yang akan mengatur hak-hak tanah rakyat dan yang bisa digunakan pihak koorporate. Sehingga tidak ada lagi konflik tanah di Tapsel yang ujung-ujungnya tidakberpihak pada rakyat,” cetusnya.

Selain itu, masih kata Robby, pihaknya juga akan benar-benar mengatur Coorporate Social Responsibility (CSR) yang diberikan perusahaan kepada masyarakat. Jika memang CSR tersebut diberikan untuk masyarakat, maka akan dibagikan. Karena masih banyak masyarakat yang membutuhkan. Jika dalam bentuk deviden, maka masuk kedalam APBD.

“CSR itu harus jelas, jika memang harus dibagikan kepada rakyat ya dibagikan saja. Karena masih banyak rakyat yang membutuhkan. Jika dalam bentuk deviden, baru dimasukkan dalam APBD. Namun pada dasarnya CSR itu adalah untuk dibagikan ke rakyat. Tidak seperti saat ini, CSR digunakan untuk membangun menara pandang yang memang tidak bermanfaat untuk rakyat,” ketusnya.  

Lebih lanjut Robby menceritakan bahwa, salah satu sektor yang paling potensi untuk memajukan rakyat dan Tapsel lebih unggul dari kabupaten/kota lain di Sumut adalah pertanian. Saat ini masyarakat Tapsel banyak menanam bibit kopi yang unggul. Jika disektor ini benar-benar diperhatikan oleh pemerintah sebelumnya, maka para petani kopi di Tapsel banyak yang sejahtera.

“Minimnya perhatian pemerintah sebelumnya terhadap para petani di Tapsel khususnya petani Kopi, membuat masyarakat kesulitan mengelola lahan dan hasil panen mereka. Padahal jika pemerintah hadir memberikan penyuluhan dan membenahi infrastruktur, maka para petani akan lebih bergairah dalam menghasilkan biji kopi pilihan dan unggul yang bisa dijual keluar Tapsel bahkan luarnegeri. Perlu diketahui bahwa saat ini di Sipirok sudah ada pabrik, centra dan gerai-gerai kopi. Sehingga bagi wisatawan ataupun para pelancong yang melintas maupun datang ke Tapsel bisa singgah ke centra dan gerai kopi di Sipirok. Kopinya sangat enak karena dihasilkan dari bibit kopi pilihan dan unggul,” pungkasnya. (sus)

Share:
Komentar

Berita Terkini