PT PAS Rangkul Petani Jadikan Karo Sentra Tanaman Pisang Cavendish

Dibaca:
Editor: Bang Romi author photo


dailysatu.com- Komoditas tanaman pisang Cavendish atau lebih dikenal dengan Pisang Ambon Putih kini semakin diminati oleh kalangan petani khususnya bagi para petani di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara (Sumut).

Bahkan melalui kemitraan dengan melibatkan kalangan petani di Karo, PT Pandawa Agro Sumatera (PAS) menargetkan untuk menjadikan wilayahnya sebagai salah satu sentra produksi tanaman pisang cavendish di Sumut.

Hal itu disampaikan direktur PT.PAS, Yendi Sembiring saat meresmikan kantor baru PT PAS yang beralamat di Jalan Djamin Ginting, Desa Simbahe, Kecamatan Kaban Jahe, Senin 16 November 2020.



Dikatakan, dengan hadirnya PT PAS di Tanah Karo akan menjadi 'jembatan' untuk mensejahterakan petani di daerah tersebut.

Dia menambahkan, pihak perusahaan sudah bermitra dengan petani di beberapa kabupaten di Sumatera utara, seperti Simalungun, Dairi, Tapanuli Selatan (Tapsel) dan Samosir.

"Bentuk kerjasamanya sih dengan sistem kontrak harga.Dengan sistem itu diharapkan petani tidak lagi seperti berjudi untuk bercocok tanam karena kan kita (PAS) udah siap membelinya,"tandasnya.

Dalam acara pembukaan kantor PT.PAS  juga turut hadir Muara Ginting, Kasi Pencegahan BNNK kabupaten karo.
Pada kesempatan ini Muara ginting, berharap  kehadiran PT PAS Di sumut khususnya di kabupaten karo, dapat meningkatkan kesejahterann petani dan membuka lapangan perkerjaan.

Sehingga dengan adanya lapangan perkerjaan ini, akan menjadi salah satu cara untuk meminimalisir anak-anak muda terkontiminasi penyalahgunaan narkoba.

"Dengan kesibukan berkerja
Nantinya akan menjauhkan masyarakat dengan pergaulan yang meyimpang atau penyalahgunaan narkoba,"tandasnya.(DS/Brama)

Share:
Komentar

Berita Terkini