EPZA: Protokol Kesehatan Harus Dipatuhi

Dibaca:
Editor: Bang Romi author photo


DailySatu.com, Perubahan perilaku terhadap ketaatan protokol kesehatan (Prokes) sesuai anjuran pemerintah harus ditaati masyarakat agar terhindar dari paparan Covid-19. Prokes merupakan senjata ampuh di masa pandemi untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Senjata ampuh ini pun diterapkan oleh seorang masyarakat Medan bernama Eka Putra Zakran, SH dalam kehidupan dan beraktivitas. Dari rumah yang sederhana berdomosili di Jl. Gurami 11 Blok AA No. 334, Perumahan Griya Martubung III, Kelurahan Tangkahan, Kecamatan Medan Labuhan, disiplin penerapan Prokes begitu ketat bagi diri pria yang berprofesi pengacara ini dengan keluarganya.

Sejak azan subuh berkumandang memecah suasana hening pagi bersamaan embun pagi yang berjatuhan. Bapak empat anak ini mulai membersihkan diri dan mengambil wudhuk untuk sholat berjamaah bersama keluarga. Usai sholat subuh, dinginnya udara pagi tak membuat pria yang akrab si sapa Epza ini berdiam diri, namun dirinya bersama keluarga melaksanakan jalan pagi bersama untuk menghirup udara segar di taman dekat rumah dengan tetap menggunakan masker. Kegiatan olahraga pagi untuk meningkatkan imun tubuh dan badan tetap segar dan bugar

Pria yang dilahirkan di Kampung Masjid, Pasaman, Sumbar ini dengan penerapan 3M atau disiplin terhadap protokol kesehatan saat ini merupakan senjata ampuh dan kunci untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan keluarga. Hal tersebut harus menjadi perhatian dan disadari para anggota keluarga meski berada di dalam rumah. Penerapan Prokes ini merupakan perilaku dalam kehidupan keluarga untuk minimalkan resiko tertular Covid-19.

Pemerintah mengambil langkah tegas untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 di lingkungan sosial terkecil, yakni keluarga. Untuk itu, pemerintah berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 membuat protokol kesehatan keluarga.

Untuk itu, anak sulung dari tiga bersaudara ini menerapkan protokol kesehatan dalam lingkungan keluarga menjadi kebutuhan bukan sekadar kewajiban. Protokol kesehatan keluarga sebagai panduan untuk mencegah infeksi Covid-19 di lingkungan keluarga baik di dalam maupun di luar rumah.

Disiplin mematuhi protokol kesehatan itu tidak hanya pada saat anggota keluarga keluar rumah. Pada kesempatan ini, terutamanya Saidah Lubis istri tercinta dari Epza ini sebagai manajer rumah tangga, selalu mengingatkan sang suami untuk tetap memakai masker saat keluar rumah dan rajin mencuci tangan dan menghindari keramaian saat beraktivas diluar rumah.

Sang istri tidak bosan-bosannya selalu mengingatkan kepada alumni fakultas hukum UMSU 2007 ini, setelah beraktivitas di luar rumah saat masuk rumah disarankan harus bersih-bersih badan, semuanya, baru berinteraksi dengan keluarga. Saran tersebut tetap di patuhi oleh anak dari pasangan almarhum Zakran Nasution dan Almahumah Afrida agar keluarga terhindar dari paparan Covid-19.

Pria yang dilahirkan 36 tahun silam ini menekankan bahwa di tengah pandemi saat ini, kita tidak hanya harus melindungi diri sendiri dan keluarga, tapi juga berkewajiban untuk melindungi sesama umat manusia. Salah satu cara yang dapat ditempuh ialah dengan mengurangi atau bahkan menghindari pertemuan dan kerumunan yang tidak diperlukan.

Masa New Normal saat ini, pria yang kuliah di pasca sarjana universitas Panca Budi Medan ini, tetap disiplin untuk menerapkan Prokes di kantornya bertitle Kantor Hukum Epza beralamat Jl. Madio Utomo No. 1 D Medan. Di masa pandemi di kantor pengacara tersebut lebih diperketat lagi dalam hal penerapan prokes memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun (3M). Selain itu, tidak memperkenankan masuk kantor bagi tamu yang datang tanpa memakai masker.

“Saya mengajak semua masyarakat untuk bersatu, bergandeng tangan, bekerja bersama. Saya yakin dengan kita bergotong-royong, akan bisa keluar dari situasi sulit ini dan kita akan bisa bangkit kembali. Tentunya gunakan senjata ampuh Prokes mulai dari keluarga kita sendiri,” pungkas Alumni MTS Muhammdiyah Slaping Pasaman ini di Medan, Kamis (26/11/2020). (sus)

Share:
Komentar

Berita Terkini