Diwarnai Aksi Kejar Kejaran Dan Tembakan Peringatan,KKP Tangkap Dua Kapal Ikan Bendera Malaysia

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo


dailysatu.com -
Aksi kejar - kejaran mewarnai penangkapan dua kapal ikan berbendera malaysia yang menangkap ikan secara ilegal diperairan Indonesia yang dilakukan Kapal Patroli Hiu 01 Milik Kementrian Kelautan Dan Perikanan (KKP), Kamis (11/11/2020) .

Terlihat dalam rekaman milik KKP, Kapal Patroli Hiu 01 melakukan pengejaran terhadap kapal ikan asing berbendera Malaysia yang sedang mencuri ikan di Selat Malaka.

Dalam penangkapan yang sempat diwarnai aksi kejar kejaran, petugas juga sempat berikan tembakan peringatan dan berhasil mengamankan dua kapal dan sembilan anak buah kapal.

Kedua kapal dan beserta anak buah kapal langsung digiring kepangkalan sementara daerah Langsa Aceh.

Haeru Rahayu Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan Dan Perikanan mengatakan dengan mengerahkan kapal pengawas milik Kementrian Kelautan Dan Perikanan Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan Dan Perikanan selain untuk menjaga laut Indonesia petugas juga menjaga sumber daya kelautan dan perikanan akan melakukan tindakan tegas terhadap pelaku ilegal fishing.

"Kita akan tetap komitmen melakukan tindakan tegas terhadap pelaku ilegal fishing," ucapnya.

Lanjut Haeru Rahayu, setelah berkekuatan hukum tetap nantinya kapal ikan asing tersebut akan dimusnahkan di perairan Belawan sebagai efek jera bagi pelaku ilegal fisihing yang saat ini petugas Psdkp Belawan telah menyerahkan lima kasus ilegal fishing ke Kejaksaan Belawan tiga diantaranya kapal asing tersebut telah di musnahkan.

"Kapal - kapal tersebut akan dimusnahkan, agar ada efekjerah terhadap para pelaku ilegal fishing," jelasnya.

"Kapal dan kedelapan nakoda yang diamankan saat ini masih dititipkan di markas DSKP Belawan di Langsa Aceh, kemungkinan hari Senin depan kita akan bawah ke Belawan," tambahnya.

Saat ini,  meski penangkapan kapal ikan asing berbendera Malaysia yang bukan pertama kalinya terjadi, tercatat hingga november 2020 kapal patroli milik Kementrian Kelautan Dan Perikanan Dan Kapal Kabarharkam Mabes Polri berhasil mengamankan sembilan kapal nelayan berbendera Malaysia beserta 39 orang awak kapal sembilan diantaranya merupakan nakhoda kapal telah ditetapkan menjadi tersangka.(Her)

Share:
Komentar

Berita Terkini