Dinas Perdagrin Gunungsitoli Latih 40 Pelaku UKM

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo


dailysatu.com -
Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, melaksanakan pelatihan kepada 40 pelaku usaha kecil menengah (UKM).

Pelatihan itupun berlangsung di Aula Hotel Dian Otomosi, Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Gunungsitoli, Senin (23/11/2020).

Ditemui dailysatu.com, Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Kota Gunungsitoli, Sozawato Nazara S.Kom, mengatakan bahwa pelatihan dilakukan untuk meningkatkan kapasitas koperasi dan UKM di Kota Gunungsitoli.

"Pelatihan yang dilaksanakan yakni pelatihan kewirausahaan dan management usaha. Sedangkan peserta pelatihan, adalah pelaku UKM yang mempunyai usaha mikro di bidang kerajinan tangan, perikanan, perkebunan, kuliner, fashion, dan jasa", ujar Sozawato.

Diterangkan Sozawato, untuk melatih pelaku UKM pihaknya mendatangkan narasumber yang berasal dari UPTD Pelatihan Koperasi dan UMKM Provinsi Sumatera Utara. Sementara anggaran pelaksanaannya berasal dari DAK Non Fisik APBN Pusat.

"Dalam pelatihan tersebut, narasumber mengajarkan bagaimana strategi pemasaran dan promosi produk UKM di era digital. Harus diakui, selama ini pelaku UKM di Kota Gunungsitoli menghadapi kendala saat akan memasakan produknya", kata Sozawato.

Dengan dilaksanakannya pelatihan, lanjut Sozawato, diharapkan produk UKM di Kota Gunungsitoli dapat lebih berkembang maju, bersaing hingga ke tingkat nasional.

"Ini merupakan program pemerintah pusat untuk membangkitkan kembali gairah pelaku UKM Kota Gunungsitoli ditengah pandemi Covid-19. Sebab, berdasarkan hasil monitong dilapangan tidak sedikit produk UKM yang ditinggal peminatnya akibat pandemi Covid-19", tandas Sozawato. (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini