Dalam Debat Pikada Medan, Syakhyan Asmara Beri Nilai A Kepada Pasangan Aman

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo


dailysatu.com -
Debat pertama pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Medan yang ditayangkan langsung Inews TV mendapat penilaian dari Pakar Komunikasi USU, DR Sakhyan Asmara MSP. Dalam pandangannya, Akhyar-Salman mendapatkan nilai A.

 “Kalau saya memberikan penilaian, penampilan Akhyar-Salman bisa saya berikan nilai A dalam hal penguasaan data, cara menyampaikan dan cara menjawab persoalan,” katanya saat dimintai tanggapannya pada Sabtu (7/11/2020).

 Berdasarkan analisisnya, Sakhyan menilai, penyampaian Akhyar dalam debat pertama ini memiliki karakter diri sebagai seorang teknis yang saklek, baik tutur kata dan bahasa, dan terlihat Akhyar tampil polos dan jujur. 

“Meski tutur bahasanya saklek, materi yang disampaikan Akhyar sangat berbobot, meski gaya penyampaiannya lebih seperti seperti seorang teknokrat, kata per kata tak ada yang mubazir,” ujarnya.

 Meski begitu, paparnya penampilan Ustad Salman lebih melengkapi, meng-elaborasi yang telah disampaikan Akhyar, dan ikut dikembangkan dengan sangat baik. Ustad Salman juga tampil sangat baik dengan mengaitkan dengan ilmu sejarah dan ilmu agama.

 Sakhyan mencontohkan jawaban Akhyar mengenai digitalisasi marketing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sangat baik, karena memiliki data dan contoh, pelaku UMKM di Jalan Bromo sudah memakai online system dalam praktik perdagangannya seperti menjual masker sampai ke Palembang dan Batam. Begitu juga saat disinggung mengenai korupsi yang terjadi di Kota Medan.

“Jawaban Akhyar itu sangat pas, menjawabnya dengan menunjukkan beliau pernah diundang menjadi narasumber di KPK dalam hal pencegahan korupsi. Ini sebuah pertanda KPK sudah melihat ada kebaikan dalam hal pencegahan korupsi di Pemko Medan,” ujarnya.

 Di temui usai menghadiri debat di Hotel Grand Mercure Angkasa, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera yang turut hadir dalam debat menyampaikan, Akhyar-Salman menjawab dengan sangat akurat semua pertanyaan itu.  "Jadi kami yakin, Insya Allah warga Medan semuanya akan dukung Akhyar-Salman. Terimakasih," tutupnya.

 Seperti diketahui, debat pertama yang menghadirkan kedua calon Walikota dan Wakil Walikota Medan melibatkan lima panelis yang berasal dari UINSU, UMSU dan USU. (ds/lilik)

Share:
Komentar

Berita Terkini