Cermati Hasil Pembahasan Komisi dan Banggar, Ini 5 Catatan Fraksi Gerindra Gunungsitoli

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo


dailysatu.com -
Fraksi Gerindra DPRD Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, menyampaikan lima catatan terhadap hasil pembahasan Komisi dan Banggar tentang Ranperda APBD Kota Gunungsitoli TA 2021.

Kelima catatan itu dibacakan Anggota Fraksi Gerindra DPRD Kota Gunungsitoli, Yobedi Laowo SE, dalam rapat paripurna penyampaian pemandangan umum atas Ranperda APBD TA 2021, Rabu (4/11/2020).

Adapun kelima catatan tersebut, diantaranya:

1. Fraksi Gerindra mengapresiasi kinerja Komisi dan Banggar DPRD yang telah menyelesaikan pembahasan Ranperda APBD TA 2021 dalam waktu cukup singkat bersama TAPD serta perangkat daerah. Semoga apa yang dibahas membuahkan hasil maksimal dan disesuaikan dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

2. Terkait pendapatan daerah dalam Ranperda APBD TA 2021 diantaranya PAD sebagaimana termuat dalam pengantar nota keuangan, fraksi Gerindra berpesan kiranya hal tersebut dapat dimaksimalkan pencapaiannya khusus yang bersumber dari retribusi daerah. Dimana Tahun 2019 tercapai hanya sebesar 73,05% dari target yang sudah ditentukan.

3. Selanjutnya terkait penganggaran belanja modal tanah, modal gedung, dan bangunan yang telah dianggarkan diharapkan agar bermanfaat terhadap kepentingan masyarakat. Kemudian juga agar diformulasikan dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku. Sehingga tidak menimbulkan sengketa ataupun permasalahan hukum.

4. Fraksi Gerindra menilai perlu adanya antisipasi terhadap dampak pandemi Covid-19 pada beberapa aspek. Diantaranya aspek perekonomian dan aspek pendidikan.

5. Fraksi Gerindra mengingatkan ,gar Pemerintah Kota Gunungsitoli dapat mendahulukan kepentingan masyarakat dalam penyusunan program dan kegiatan pada APBD TA 2021. Contohnya seperti yang tertuang dalam hasil reses ataupun pokok pikiran anggota DPRD Kota Gunungsitoli. (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini