Bupati Dairi Sambut Kunjungan Kerja Anggota DPR RI Djarot Saiful Hidayat

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo


dailysatu.com -
Anggota DPR RI Komisi II Fraksi PDI Perjuangan dari Daerah Pemilihan Sumatera Utara III Drs. H. Djarot Saiful Hidayat, M.S melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Dairi pada, Kamis (12/11/2020). Kunjungan kerja Anggota DPR RI tersebut ke Kabupaten Dairi disambut dengan baik oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bersama dengan Asisten dan Staf Ahli Bupati Dairi, Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Dairi di Balai Budaya Sidikalang. Turut hadir juga dalam kegiatan tersebut Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Dairi Resoalon Lumbangaol, Wakil Ketua DPRD Dairi Halvensius Tondang, Anggota DPRD Dairi Fraksi PDI Perjuangan diantaranya Batara Sinaga, Hendra Tambunan dan Idul Fitri Tarigan.

 Dalam sambutannya, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan kepada Djarot Saiful Hidayat bahwa Kabupaten Dairi memiliki berbagai potensi kekayaan alam salah satunya di bidang pertanian yakni Kopi Sidikalang dimana saat ini Pemerintah Kabupaten Dairi akan berupaya untuk mengembalikan kejayaan Kopi Sidikalang melalui program pembangunan di bidang pertanian yakni Agri Unggul. Disampaikan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu Pemerintah Kabupaten Dairi bersama dengan seluruh elemen terkait saling bahu membahu dan bertekad untuk mengembalikan kejayaan Kopi Sidikalang.

Selanjutnya, terkait program Agri Unggul Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu juga menyampaikan upaya agar Kabupaten Dairi dapat menjadi bagian dari program Food Estate yang baru diresmikan oleh Presiden Jokowi.

“Salah satu yang kami harapkan adalah Kabupaten Dairi kiranya dapat menjadi bagian Food Estate yang merupakan konsep pengembangan kawasan pangan yang telah dicanangkan oleh Bapak Presiden Jokowi beberapa hari yang lalu. Saat ini proses pengusulan pengalihan lahan sedang kami lakukan di Kementerian, Pak Gubernur Sumatera Utara sudah mendukung, sudah melapor ke Pak Presiden dan beliau mendukung hal tersebut,” ucap Bupati. 

Oleh karena itu, dalam kesempatan tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengharapkan adanya dukungan dari Djarot Saiful Hidayat untuk mendorong dan menyampaikan aspirasi tersebut di Pusat sehingga Kabupaten Dairi dapat menjadi bagian dari Food Estate yang telah  dicanangkan terlebih dahulu oleh Presiden Joko Widodo di 4 Kabupaten di Sumatera Utara yakni Humbang Hasundutan, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah dan Tapanuli Utara. 

Kunjungan kerja yang dilakukan oleh Anggota DPR RI Komisi II tersebut diutarakan oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu pastinya ingin menampung serta mendengar aspirasi langsung terkait masalah-masalah yang di hadapi di daerah khususnya masalah- masalah yang terkait dengan pokok haluan negara. Oleh karena itu, Beliau berpesan kepada para peserta yang hadir agar dapat memanfaatkan momen tersebut dengan sebaiknya - baiknya karena aspirasi yang akan disampaikan nantinya tentu akan didengar dan ditampung oleh anggota DPR RI tersebut. 

“Sampaikanlah masukan hal apa yang perlu mendapat dukungan dari Pak Djarot di Pusat sehingga secara bertahap Kabupaten Dairi akan dapat lebih maju dalam pembangunannya,” kata Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu. 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan beberapa usulan ataupun aspirasi kepada Djarot Saiful Hidayat diantaranya peningkatan sektor pariwisata khususnya di Kabupaten Dairi dimana Kabupaten Dairi masuk menjadi salah satu bagian dari Geopark Kaldera Toba yakni di Kecamatan Silahisabungan. 

“Kabupaten Dairi menyediakan kawasan wisata adventure (petualangan) ingin dekat dengan alam dan bertemu dengan masyarakat. Kami ingin melengkapi landscape yang ada di Danau Toba,” ujar Beliau. 

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu juga menyampaikan terkait dengan jaringan listrik yang masih banyak belum bisa dinikmati oleh masyarakat, sektor pertanian dan peternakan yang sangat membutuhkan teknologi serta peningkatan sektor perdagangan khususnya peningkatan Pasar Sidikalang.

Sementara itu, Anggota DPR RI Komisi II Djarot Saiful Hidayat dalam sambutannya mengatakan bahwa Bupati Dr. Eddy Keleng Ate Berutu sudah dikenal dan mempunyai komunikasi politik yang sangat baik. Selain itu, Djarot Saiful Hidayat yang juga sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumatera Utara menyampaikan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu sangat memiliki keahlian dan komitmen yang tinggi dalam meyakinkan semua pihak untuk mendukung upayanya dalam membangun Kabupaten Dairi.

Sebelum melakukan kunjungan kerja atau reses ke Kabupaten Dairi dan Kabupaten Pakpak Bharat, Beliau menceritakan pembicaraannya dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri saat menyampaikan jadwal resesnya.  Ketua Umum PDI Perjuangan mengatakan bahwa kawasan Danau Toba khususnya Kabupaten Dairi memiliki lahan dan tanahnya yang subur. 

“Ibu Mega menceritakan kepada Saya bahwa Danau Toba memiliki tanah yang subur khususnya di Kabupaten Dairi, oleh karena itu tepat kalau diikutsertakan juga Kabupaten Dairi bersama Kabupaten Karo dalam program Food Estate untuk wilayah Sumatera Utara. Ibu Mega juga mengatakan seluruh daerah yang ada di kawasan Danau Toba akan dijadikan sebagai Holtikultura Estate,” ucap Djarot Saiful Hidayat menyampaikan pesan dari Ketua Umum PDI Perjuangan.

Oleh karena itu, Anggota DPR RI Komisi II tersebut mengajak seluruh pihak terkait khususnya yang ada di Kabupaten Dairi agar saling bergadengan tangan serta saling mendukung sehingga harapan Kabupaten Dairi untuk dapat menjadi bagian dari Food Estate dapat terwujud. Tak lupa Beliau menyampaikan ucapan salam dari Ketua Umum PDI Perjuangan kepada para Kepala Daerah yang ada di Kawasan Danau Toba khususnya salam kepada Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu. 

Dalam kegiatan tersebut, juga diadakan diskusi tanya jawab bersama dengan para peserta yang hadir dimana para peserta yang hadir berkesempatan menyampaikan beberapa aspirasi, saran ataupun masukan kepada Djarot Saiful Hidayat yang nantinya akan disampaikan ke Pusat sehingga pembangunan di Kabupaten Dairi dapat berjalan dengan baik.(Hartono

Share:
Komentar

Berita Terkini