Bupati Dairi Paparkan Tourism Platform Visit Dairi Pada Event Nasional PATA Indonesia Adventure Travel Mart

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

 

dailysatu.com - Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu memaparkan Tourism Platform Visit Dairi pada Event Nasional Pacific Area Travel Association (PATA) Indonesia Adventure Travel Mart 2020, dimana Kabupaten Dairi sebagai Destination Partner dalam event tersebut melalui video conference yang berlangsung di Tanjung Lesung Provinsi Banten, Kamis (12/11/2020). 

Dalam sambutannya, Pemerintah Kabupaten Dairi berharap PATA Indonesia Adventure Travel Mart 2020 sebagai wahana dalam menggali, mengangkat, memperkenalkan dan mempromosikan potensi pariwisata adventure dan seni budaya lokal yang dapat menjadi magnet para wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan Kabupaten Dairi merupakan salah satu daerah yang berada di Provinsi Sumatera Utara bagian destinasi pariwisata super prioritas kawasan Danau Toba yakni Tao Silalahi, juga merupakan Unesco Global Geopark Geosite Silahisabungan yang salah satu diantaranya memenuhi unsur makna Geopark (Taman Bumi) yaitu suatu konsep pengembangan sumber daya keragaman, yakni keragaman geologi (Geo Diversity), keragaman budaya (Culture Diversity) dan keragaman hayati (Bio Diversity) yang telah diakui dunia. Untuk tahun 2021 mendatang, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan pengembangan pariwisata Kabupaten Dairi mengarah kepada Eco Tourism dan Adventure Tourism.

Keragaman budaya dengan Tenun Ulos Silahsiabungan diproduksi tradisional sampai saat ini dikawasan Silalahi, dialek, musik dan tarian Silalahi yang menyempurnakan Tao Silalahi. Khusus di Kecamatan Silahisabungan, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan sangat mendukung untuk diadakan wisata adventure seperti climbing, hiking juga tracking. Selain itu untuk event adventure off road dimana Kabupaten Dairi baru saja menjadi tuan rumah event olahraga ekstrem Green International Extreme Adventure (GIXA).

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menambahkan, bahwa Pemerintah Kabupaten Dairi saat ini sedang mempersiapkan sebuah platform yang disebut dengan Visit Dairi dimana platform tersebut dibuat khusus untuk para wisatawan individu yang ingin mengeksplor atau menentukan sendiri kegiatan wisatanya, memilih dan membayar sendiri langsung melalui platform tersebut. 

"Pemerintah ingin memberikan kemudahan bagi siapa saja termasuk pengunjung dari luar negeri yang ingin mengeksplor Dairi dengan memilih paket wisata yang telah disediakan dalam platform tersebut,” ucap Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

"Kami sangat mengharapkan dukungan dari echo and adventures tourism untuk memanfaatkan platform Visit Dairi guna mendatangkan pengunjung dari manca negara maupun wisatawan lokal untuk berkunjung menikmati keindahan wisata alam Kabupaten Dairi,” pungkas Beliau dalam paparannya. 

Setelah mendengarkan paparan tersebut, Ketua Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Amalia Yunita yang hadir dalam event tersebut mengatakan sangat luar biasa potensi wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Dairi khususnya untuk wisata adventure mulai dari bukit, gunung ataupun danau. 


‘Semua sudah sangat lengkap ditambah dengan Pimpinan Daerah seperti Bapak, saya yakin Dairi akan menjadi tempat pariwisata yang paling terdepan di Kawasan danau Toba,” ucapnya. 


Sementara itu, Presiden PATA Purnomo Siswoprasetijo dalam kesempatan yang sama mengatakan sangat kagum dengan potensi wisata yang dipaparkan oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dan sangat menarik untuk dapat dikembangkan. 

Turut hadir mendampingi Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam Event Nasional Tahunan PATA Indonesia Adventure Travel Mart Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Mahadi Kudadiri, SH. Hadir juga dalam event yang diadakan melalui virtual tersebut Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Panca R. Sarungu.(ds/hartono)

Share:
Komentar

Berita Terkini