34 KK Korban Kebakaran di Taput Dapat Bantuan Dari Pemerintah

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo

 

dailysatu.com - Sebanyak 34 Kepala Keluarga (KK) korban kebakaran di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) mendapatkan Bantuan Bahan Rumah (BBR) dan Isian Hunian Sementara (Isi Huntara) dari pemerintah pusat.

34 KK penerima bantuan ini merupakan korban kebakaran yang terjadi dalam kurun waktu mulai bulan Desember 2019 sampai dengan Bulan Juni 2020 yang berasal dari 9 kecamatan, yaitu Tarutung, Sipoholon, Parmonangan, Pagaran, Sipahutar, Siborong-borong, Muara, Pangaribuan dan Purbatua.

Bupati Taput, Drs Nikson Nababan MSi, didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra, Parsaoran Hutagalung, Kadis Sosial, Irwan Hutabarat dan Kepala BRI Cabang Tarutung, Zul Hendra, menyerahkan BBR dan Isi Huntara tersebut, kepada 34 KK korban kebakaran, di Sopo Rakyat Kanopi Rumah Dinas Bupati Taput, Jumat (13/11/2020).

"Tetap bersyukur atas perhatian pemerintah dalam upaya mensejahterakan masyarakatnya dan selalu berdoa agar wabah Covid-19 ini segera berlalu," ucap Bupati usai penyerahan.

Dikatakan Bupati, bantuan ini merupakan tindak lanjut kunjungan kerja Menteri Sosial Juliari Batubara ke Taput pada bulan Januari lalu. Kemudian surat Bupati agar berkenan memberikan perhatian kepada para korban bencana sosial dan kebakaran.

Bupati berharap, semoga bantuan ini memberikan dampak besar untuk membangun kembali rumah yang telah rusak dan dipergunakan dengan baik. Apabila ada dana lebih atau rumah sudah dibangun, agar digunakan untuk hal yang produktif sehingga bisa menghasilkan dalam peningkatan perekonomian keluarga.

Marasi Gultom, mewakili penerima bantuan, menyampaikan rasa syukur atas perhatian pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Terimakasih kepada  pemerintah pusat dan Bapak Bupti Taput yang senantiasa memberikan perhatian kepada kami para korban kebakaran yang terjadi pada beberapa waktu lalu," kata Gultom.

Sementara Kepala Dinas Sosial, Irwan Hutabarat, menjelaskan jumlah bantuan BBR yang diberikan berdasarkan jenis kerusakan yang dikelompokkan 2 kategori.

Rusak berat sebanyak 27 KK menerima bantuan sebesar Rp 25 juta. Rusak ringan sebanyak 7 KK menerima bantuan sebesar Rp 5 juta. Selain itu, kepada 34 KK tersebut, juga diberikan bantuan Isi Huntara sebesar Rp. 3 juta.

Total bantuan ini sebesar Rp 812 juta, merupakan dana stimulan dari Kementerian Sosial RI. Bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal layak huni bagi para korban bencana sosial.

"Seluruh bantuan diberikan berupa uang tunai yang disalurkan ke rekening masing-masing penerima," jelas Irwan Hutabarat. (ds/Bisnur Sitompul) 

Share:
Komentar

Berita Terkini