UPTD Dana Bergulir Gunungsitoli Salurkan 178 Juta Pinjaman Modal Usaha

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo


dailysatu.com -
UPTD Dana Bergulir Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, kembali menyalurkan pinjaman modal ke 10 pelaku UMKM atau debitur, Jumat (16/10/2020). 

Nilainya pun tidak tanggung-tangung, ke 10 debitur menerima pinjaman modal rata-rata dari 5 s/d 25 Juta perorang.

Namun demikian, untuk mendapatkan pinjaman debitur harus memenuhi dua aspek yang ditentukan oleh UPTD Dana Bergulir Kota Gunungsitoli. Adapun kedua jenis aspek tersebut yakni, Aspek Usaha dan Aspek Anggunan. 

Hal itu disampaikan Kepala UPTD Dana Bergulir Kota Gunungsitoli, Deskariawan Larosa SE, Kamis (29/10/2020), diruang kerjanya.

Menurutnya, penyaluran pinjaman modal usaha tersebut merupakan penyaluran tahap 10 yang di mulai sejak Januari 2019 lalu.

"Jumlah pinjaman kepada 10 debitur di tahap 10 sebesar 178 Juta. Sedangkan total kumulatif pinjaman yang sudah disalurkan sejak Januari 2019 hingga 2020 mencapai 2,5 Miliar", kata Deskariawan.

Deskariawan menyebut, penyaluran pinjaman dana bergulir akan terus berlanjut. Bahkan rencananya, dalam waktu dekat pihaknya turun lapangan melakukan survei dan evaluasi terhadap 10-15 proposal yang masuk.

"Kami sangat selektif melakukan survei terhadap calon debitur. Meski begitu, kami berharap pinjaman dana bergulir dapat membangkitkan UMKM di Kota Gunungsitoli yang terdampak pandemi Covid-19", ujar Deskariawan.

Lebih jauh Deskariawan menerangkan, adapun ke 10 debitur yang menerima pinjaman dana bergulir di Tahun 2020 adalah pelaku usaha kelontong, Foto Copy, dan Ternak Ikan.

"Untuk menerima pinjaman dana bergulir, debitur dapat menganggunkan sertifikat tanah dan BPKB kendaraan bermotor. Jadi kalau nilai pinjaman 25 Juta, maka nilai anggunan minimal 125%. Sedangkan BPKB, nilai pinjaman tergantung harga beli dan jual pasaran", tandas Deskariawan. (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini