Pembangunan Rabat Beton Dana Kelurahan Bajamas Dalam Tahap Pengerjaan

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo


dailysatu.com -
Pemerintah Kelurahan Bajamas, Kecamatan Sirandorung, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, memanfaatkan dana kelurahan Tahun Anggaran 2020 untuk membangun Jalan Rabat Beton.

Lurah Bajamas Rasman Marbun, S.Pd  mengatakan tahun ini dana kelurahan Pagu dan Fisik sebesar Rp. 303. 420.600, difokuskan untuk membangun infrastruktur jalan rabat beton dengan tujuan  supaya lingkungan sehat, akses jalan mudah dan nyaman. 

Pembangunan Rabat Beton ini dilaksanakan di Lingkungan X dengan Volume sepanjang 440 meter.

“Progres Pembangunan jalan rabat beton saat ini sudah mencapai 70 persen. Pembangunan ini akan selalu kita awasi langsung,”kata Rasman Marbun kepada media ini, Kamis (01/10/2020).

Sesuai Permendagri Nomor 130 Tahun 2018, diatur dua substansi pokok, yaitu pembangunan sarana dan prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan sebagai pedoman pengelolaan kegiatan yang bersumber dari dana kelurahan untuk tahun anggaran 2020.

Kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan digunakan untuk membiayai pelayanan sosial dasar yang berdampak langsung pada peningkatan kualitas hidup masyarakat, yang meliputi pengadaan,pembangunan,pengembangan dan pemeliharaan sarana dan prasarana lingkungan pemukiman, transportasi, kesehatan,pendidikan dan kebudayaan.

Dan untuk dibidang pemberdayaan masyarakat yang ada di kelurahan, digunakan untuk peningkatan kapasitas dan kapabilitas masyarakat di kelurahan dengan mendayagunakan potensi sumberdaya sendiri.

Untuk kegiatan pemberdayaan yang dimaksud dalam Permendagri Nomor 130, yaitu pengelolaan kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat, pendidikan, dan kebudayaan, pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah;lembaga kemasyarakatan, Trantibum,dan linmas;penguatan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana serta kejadian luar biasa.

Penentuan kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan dilakukan melalui musyawarah pembangunan kelurahan. Musyawarah dilaksanakan untuk mendapatkan kesepakatan penentuan kegiatan tambahan dan/atau perubahan. (ds/Allin)

Share:
Komentar

Berita Terkini