Disdukcapil Asahan Lansanakan Program Jebol dan SiTogap

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo


dailysatu.com -
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Asahan, terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan yang terintegrasi kepada masyarakat, dalam mensukseskan Pilkada Serentak Tahun 2020, dan mewujudkan visi misi Kabupaten Asahan (Religius, Cerdas, Sehat, dan Mandiri) dimasa Pandemi Covid-19.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Asahan, Drs. H. Supriyanto, M.Pd melalui Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Disdukcapil Asahan,Drs. Ruskamil kepada wartawan, Kamis (1/10/2020) mengatakan, inovasi yang dilaksanakan oleh Disdukcapil adalah sistem Jemput Bola (Jebol) dan Sistem Transportasi Ojeg Antar Administrasi Kependudukan (SiTogap).

Dikatakannya, tim Jebol merupakan pelayanan perekaman KTP-EL keliling oleh para petugas Disdukcapil Asahan, kepada masyarakat di 25 Kecamatan yang ada di Asahan yang belum pernah melakukan perekaman KTP-EL (Pemula).

"Perekaman KTP-EL keliling dilakukan di 25 Kecamatan se Kabupaten Asahan dilaksanakan oleh tim Jebol Disdukcapi. Dimulai dari tanggal (5/8) hingga tanggal (1/10). Dimana program Jebol itu sudah mencapai 85 % ," ungkap Ruskamil.

Sedangkan SiTogap, merupakan pelayanan dengan mengantarkan dan memberikan langsung KTP-EL kepada masyarakat yang telah dicetak oleh Disdukcapil Asahan.

Selanjutnya, tambah Ruskamil, pelayanan adminduk akan terus ditingkatkan Disdukcapil Asahan dengan meliputi perekaman dan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL), Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kematian, Akta Perkawinan hingga surat keterangan pindah.

Disebutkannya, peningkatakan kualitas ini merupakan implementasi dari peraturan menteri dalam negeri nomor 19 tahun 2018 tentang peningkatan kualitas layanan adminduk.

"Program Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (#GISA) dan juga mensukseskan Pilkada Serentak Tahun 2020,Disdukcapil Asahan akan terus berinovasi meningkatkan kualitas layanan administrasi kependudukan di Asahan," sebut Ruskamil. (Hendri)

Share:
Komentar

Berita Terkini