Dinas Perdagangan Kota Gunungsitoli Mendata Ulang Pedagang di Pasar Beringin

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo


dailysatu.com -
Dinas Perdagangan dan Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, melakukan pendataan ulang pedagang di Pasar Tradisional Beringin, Jalan Sudirman, Kelurahan Pasar, Kecamatan Gunungsitoli.

Selain itu, Dinas Perdagangan juga melakukan pendataan ulang terhadap pedagang di Pasar Eks Gudang Garam, Jalan Gomo, Kelurahan Pasar, Kecamatan Gunungsitoli.

Pendataan dilakukan, pasca Pemkab Kabupaten Nias resmi menyerahkan kedua Pasar Tradisional tersebut ke Pemerintah Kota Gunungsitoli pada awal Tahun 2020.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perdagangan Kota Gunungsitoli, Yurisman Telaumbanua, kepada dailysatu.com, Jumat (30/10/2020).

Yurisman menerangkan, setelah pendataan maka seluruh pedagang yang menggunakan Kios dan Los di dua Pasar Tradisional wajib membayar retribusi ke Pemerintah Kota Gunungsitoli.

"Pasca penyerahan, pedagang di Pasar Beringin dan eks Gudang Garam membayar retribusinya ke Pemerintah Kota Gunungsitoli. Kami sudah memungut retribusi tersebut", kata Yurisman.

Menurut Yurisman, retribusi yang dipungut dari pedagang akan menjadi pendapatan asli daerah (PAD) Kota Gunungsitoli.

"Dengan pendataan ulang, maka Dinas Perdagangan Kota Gunungsitoli mengetahui identitas dari pedagang yang menggunakan Kios dan Los di Pasar Beringin dan Eks Gudang Garam", ujar Yurisman.

Diapun berpesan, agar pedangan dapat menjaga kondisi fisik bangunan Kios dan Los. Selain itu, menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Akan kami perhatikan pedagang yang melanggar ketentuan dan peraturan. Jika terjadi, kami tidak segan untuk mengeluarkan mereka", tandas Yurisman. (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini