Bupati Dairi Launching Aplikasi Pelayanan Publik

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo


dailysatu.com -
Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu melakukan launching aplikasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Online (Perkebbas), dalam acara peringatan Hari Jadi Kabupaten Dairi ke-73 pada 1 Oktober 2020 di gedung Balai Budaya Sidikalang. Aplikasi pelayanan administrasi kependudukan berbasis online merupakan terobosan baru yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dairi, guna memudahkan pelayanan kepada masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan. 

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam sambutannya mengatakan Aplikasi Perkebbas sudah dapat digunakan oleh masyarakat Dairi mulai hari ini untuk mengurus penerbitan KK baru; penerbitan KK karena perubahan data; penerbitan KK karena hilang atau rusak; permohonan KTP; Akta Kelahiran dan Akta Perkawinan.

“Untuk ke 6 pelayanan administrasi kependudukan tersebut dapat diakses dan diperoleh tanpa datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan ke Kantor Kecamatan. Pelayanan pencatatan sipil melalui aplikasi Perkebbas akan sangat membantu masyarakat, dimana ke depan pada saat masyarakat mendapatkan layanan persalinan di Rumah Sakit maupun di Puskesmas, akan langsung bisa diterbitkan Akte Lahir anak dan Perubahan Kartu Keluarga,” ujar Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu. 

Selain launching Aplikasi Perkebbas, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam acara tersebut juga melaunching website disperpusip.dairikab.go.id. milik dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dairi. Dengan adanya website tersebut, Beliau berharap layanan perpustakaan dan kearsipan, membudayakan membaca serta menggunakan literasi dengan bijak di Kabupaten Dairi dapat ditingkatkan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan beberapa capaian kinerja yang telah dan sedang dilakukan sebagai upaya perbaikan dan pembenahan dalam penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten Dairi. menuturkan diantaranya adalah Dinas Pertanian,  Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Dairi dalam mengelola dan mengatur distribusi pupuk bersubsidi, telah menerbitkan Kartu Tani yang bekerja sama dengan Bank BNI. 

Hingga 28 September 2020, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan Kartu Tani telah tersalur sebanyak 25.565 kartu, dan terdapat 3 Kecamatan yang sudah terealisasi mendekati 100% sesuai dengan data E-RDKK Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (E-RDKK) yaitu Kecamatan Sidikalang, Kecamatan Gunung Sitember dan Kecamatan Berampu.

Di sektor pendidikan, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan Pemerintah Kabupaten Dairi melakukan terobosan dengan memberikan bus sekolah gratis untuk mengangkut siswa berangkat dan pulang sekolah. Fasilitas bus gratis tersebut dikatakan Beliau di peruntukkan untuk jalur tertentu yang belum tersedia kendaraan umum atau sedikit tersedia kendaraan umum dimana anak-anak sekolah kesulitan dari rumah menuju sekolah. 

“Kita rasakan anak anak kita sangat sulit untuk mendapatkan angkutan untuk mengantar mereka berangkat dan pulang dari sekolah. Fasilitas bus gratis ini kita harapkan akan terus bertambah dan saat ini kita telah mengajukan pengadaan bus sekolah gratis sebanyak 15 unit melalui Kementrian Perhubungan  dan kita harapkan akan terealisasi pada tahun 2021 mendatang,” kata Beliau.

Selanjutnya, dalam beberapa sektor, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan Pemerintah Kabupaten Dairi telah mendorong dan menerapkan pelaksanaan transaksi non tunai dalam setiap melakukan pembayaran. Salah satunya diutarakan Beliau adalah dengan menandatangani perjanjian kerjasama dengan Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara terkait pengembangan ekonomi daerah dan keuangan digital yang salah satunya adalah program QRIS (Quick Respon Code Indonesia Standard) yang menjadi aura baru bagi Indonesia dalam dunia transaksi keuangan.

Penerapan QRIS dikatakan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu telah dilaunching di Pasar Sidikalang yang bekerjasama dengan Bank BRI Cabang Sidikalang dan terdapat 92 orang pedagang di Pasar Sidikalang yang telah menggunakannya. 

“Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara yang hadir pada saat launching mengatakan fasilitas QRIS ini adalah yang pertama dilakukan oleh Kabupaten Dairi di Provinsi Sumatera Utara,” ucap Beliau.Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani, S. Sos dalam kesempatan tersebut mewakili Unsur Forkopimda Kabupaten Dairi mengatakan Hari Jadi Kabupaten Dairi yang ke-73 ini menjadi moment penting untuk menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Dairi memiliki komitmen yang tinggi untuk mensejahterakan rakyat dan memajukan Kabupaten Dairi dengan berbagai program pembangunan yang telah dijalankan dan berbagai prestasi yang telah diraih. “Sebagai Pimpinan DPRD Dairi, kami mengucapkan terimakasih kepada masayarakat dan Pemerintah Kabupaten Dairi yang secara terus menerus bersinergi melaksanakan pembangunan pembangunan di Kabupaten Dairi,” ujar Ketua DPRD Dairi. Secara khusus Beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dan Wakil Bupati Dairi Jimmy Andrea Lukita Sihombing, SH dan jajaran Pemerintah Kabupaten Dairi yang telah mendapatkan prestasi sehingga dapat menjadi motivasi bagi kita untuk bekerja lebih baik ke depan. Senada dengan penyampaian tersebut, mantan Ketua DPRD Dairi Delphi Masdiana Ujung dan mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Arsenius Marbun dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan selamat Hari Jadi Kabupaten Dairi yangke-73. 

Dikatakan, mereka siap untuk mendukung berbagai program pembangunan yang telah dan akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi dalam mewujudkan Dairi yang Unggul. Mereka juga menyampaikan berbagai saran dan masukan kepada Pemerintah Kabupaten Dairi dalam menjalankan program pembangunan sehingga masyaarkat Dairi dapat merasakan langsung manfaat dari program yang telah dan akan dilaksanakan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh elemen dan pihak terkait yang telah mendukung serta memberikan saran dan masukan kepada Pemerintah Kabupaten Dairi untuk perlu dilanjutkan dan dievaluasi demi peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Dairi.

“Terimakasih atas kerjasama dan partisipasinya dalam mendukung kelancaran pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Dairi selama satu tahun belakangan ini. Pencapaian ini  juga berkat pondasi yang sebelumnya dibangun oleh para mantan Bupati, Ketua DPRD dan Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi. Oleh karena itu saya ucapkan terima kasih atas karya karya sebelumnya dan marilah kita bergandengan tangan untuk lebih memajukan Kabupaten Dairi. Selamat Hari Jadi Kabupaten Dairi yang ke-73,” pungkas Beliau dalam sambutannya.

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Dairi yang ke-73 ditandai dengan pemotongan kue dan tumpeng oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dan Wakil Bupati Dairi Jimmy Andrea Lukita Sihombing, SH dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu. Dalam acara tersebut juga dilaksanakan penyerahan Cinderamata berupa tenun Ulos Silahisabungan kepada Mantan Bupati dan Wakil Bupati Dairi, mantan Ketua DPRD Dairi serta mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi yang diserahkan oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dan Wakil Bupati Dairi Jimmy Andrea Lukita Sihombing, SH. 

Beberapa kegiatan dirangkaikan dalam acara tersebut, yakni penandatanganan komitmen menuju penanaman kopi 5.000 hektar dalam rangka pelaksanaan misi Agri Unggul Kabupaten Dairi serta pelepasan ekspor lobak hasil pertanian holtikultura ke luar negeri.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani, S.Sos, Dandim 0206 Dairi Letkol. Adietya Y. Nurtono, SH, Kapolres Dairi AKBP. Ferio Sano Ginting, SIK, MH, Kajari Dairi Syahrul Juaksha Subuki, SH, MM, Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Drs. Leonardus Sihotang, Asisten dan Staf Ahli Bupati Dairi, Pimpinan OPD Kabupaten Dairi, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta Pimpinan BUMD.(ds/Hartono)

Share:
Komentar

Berita Terkini