AMPI Medan Timur dan Forkopimcam Laksanakan Karya Nyata Peduli Covid19

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo


dailysatu.com -
Sebagai wujud nyata dalam rangka melakukan pencegahan penyebaran virus Covid-19 di Kota Medan, khususnya diwilayah kecamatan Medan Timur.

Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kecamatan Medan Timur bersama Forkopimcam bekerja sama dengan Klinik Nahos Medica, Jumat (2/10/2020) melakukan kegiatan dengan membagikan masker, face shield (pelindung wajah), poster dan spanduk himbauan pencegahan covid 19 secara gratis kepada masyarakat dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) se-Kecamatan Medan Timur.

Pantauan wartawan di lapangan, Ketua AMPI Kecamatan Medan Timur, dr.Alexander P Marpaung,MKT serta seluruh Pengurus KSB  kelurahan  AMPI Sekecamatan Medan Timur bersama-sama dengan Forkopimcam yang dihadiri langsung oleh Camat Medan Timur  M. Odi Anggia Batubara SSTP didampingi Lurah Sekecamatan Medan Timur, Danramil 02/MT Kapten Kav Bina Sembiring didampingi jajaran. Kapolsek Medan Timur Kompol M. Arifin diwakilkan oleh unit intelkam  bersama-sama  kader AMPI tetap menjalankan protokol kesehatan saat membagikan masker , face shield dan menempeli poster dan spanduk himbauan pencegahan covid 19 pada masyarakat dan pelaku UMKM.

Alex didampingi Sekretaris Erwin Lintang, di sela-sela pembagian itu mengatakan, kepedulian AMPI dalam melakukan aksi sosial ini, mengingat tingginya angka terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Medan.

Berdasarkan data yang diketahui dari publikasi laporan Gugus Tugas Kota Medan, kata Alex, angka kematian setiap harinya terus bertambah hingga kini. 

“Permasalahan ini, tentunya tidak hanya menyangkut kesehatan saja, tetapi juga sudah terkait dengan perekonomian dan situasi kamtibmas,” kata Alex dengan penuh kekhawatiran.

Melihat situasi ini, sebut Alex, AMPI melalui Ketua DPD AMPI Sumut dr. David Luther Lubis SKM MKed (OG) SpOG(K) dan Plt. Ketua DPD AMPI Kota Medan yang kini di komandoi oleh Bung Amas Muda Siregar menginstruksikan kepada seluruh pengurus dan kader AMPI untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat dalam upaya pencegahan dan membantu dampak pandemi Covid-19 terhadap masyarakat.

“Kegiatan hari ini yang kita laksanakan merupakan kegiatan lanjutan dalam implementasi program kerja, setelah kemarin kita melakukan sunat massal bagi masyarakat terdampak pandemi Covid 19, kini kita melakukan pembagian masker, face shield, poster dan spanduk himbauan cegah Covid 19  kepada masyarakat dan pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) ” ungkap Alex.

“Nanti menyambut sumpah pemuda kita akan melaksanakan kegiatan pencegahan stunting pada ibu hamil, kegiatan ini nanti masih dalam upaya meminimalisir dampak pandemi pada pertumbuhan janin selama masa kehamilan." ungkap alex yang berprofesi sebagai dokter dan akademisi itu.

“Kegiatan dan Program kerja kita bisa berjalan tak lepas dari sinergitas Forkopimcam, Pak Camat Odi yang terbuka 24 jam untuk komunikasi, Pak Danramil Sembiring yang kreatif dan humanis , serta Pak Kapolsek Arifin yang juga humanis dan konsisten. Ini mendorong kita pemuda untuk terus berkarya” tambahnya. 

Camat Medan timur yang akrab disapa Odi mengapresiasi kegiatan dan menghimbau sekaligus mengajak seluruh pengurus serta kader AMPI dan masyarakat untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker setiap melakukan aktifitas di luar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun serta menjaga jarak. 

“Kegiatan ini sinkron dengan program pemerintah sebagaimana kita laksanakan di Kecamatan Medan Timur, kita apresiasi AMPI Kecamatan Medan Timur yang terus komitmen dalam  sosialisasi  dan minimalisir dampak Pandemi Covid 19” pungkasnya.

“Untuk masyarakat, terkhusus kader dan pengurus AMPI tetap gunakan masker saat berinteraksi, hindari kerumunan, sering cuci tangan dan konsumsi makanan bernutrisi. Ini adalah tindakan self preventif untuk mencegah penyebaran virus covid 19” tambahnya.

Danramil 02/MT Kapten Kav Bina Sembiring  menyampaikan bahwa "sangat berterimakasih kepada jajaran AMPI Medan Timur yang di komandoi dr. Alexander P. Marpaung, MKT dan seluruh pengurus AMPI Kelurahan Sekecamatan Medan Timur karena dengan tulus dan ikhlas melaksanakan kegiatan dalam upaya pencegahan penyebaran virus covid 19,"ucapnya.

"Kita berharap kegiatan seperti ini terus berkesinambungan terlaksana, karena Pandemi tidak hanya menjadi masalah kesehatan tetapi berakibat kepada perekonomian dan situasi Kamtibmas, kita dukung kegiatan ini " tambahnya.

Kapolsek Medan Timur Kompol M.Arifin diwakilkan bagian intelkam menyampaikan bahwa kordinasi  pemuda dan pihak kepolisian adalah sebuah upaya yang baik dalam menciptakan kondisi kamtibmas terkhusus pada masa pandemi ini. Kita dukung dan apresiasi kegiatan inspiratif ini.

Dalam kesempatan itu, dailysatu.com meminta tanggapan dari masyarakat. Tampak masyarakat dan para pelaku UMKM sangat bangga dan terperhatikan dengan kegiatan tersebut.

" Saat pandemi begini, usaha kita mengalami penurunan omset, peraturan terkait pandemi juga terus bergulir. Pelanggan tidak semua mengikuti protokol kesehatan pemerintah. AMPI membantu kita dengan masker, face shield dan poster himbauan yang ditempel di usaha kita, dan bentangan spanduk himbauan cegah covid 19 AMPI ini sangat membantu," imbuh Sihite pedagang warung nasi di Pasar Sambu kelurahan Gang Buntu kecamatan Medan Timur.

"Haha... ini aneh tapi nyata, ini luar biasa. Banyak pedagamg musiman  jualan masker tapi ada pula yang bagi masker, face shield dan membuat poster himbauan pencegahan covid, pelakunya orang OKP pula. Kan luar biasa ini?. Ampi semakin Jayalah yah," tutur Airin pemilik Bengkel mobil di jalan krakatau kelurahan PBD 2 Kecamatan Medan timur. 

"Kita apresiasi kegiatan ini, ini contoh kepedulian informasi dan kepedulian pencegahan yang sangat bermanfaat,"kata Sandi Putra unsur pimpinan salah satu swalayan di kelurahan PBD 1 Kecamatan Medan timur.

Tatang management salah satu makanan cepat saji di Kelurahan Gaharu bahwa ini sangat membantu, agar juga pengunjung paham protokol  kesehatan itu harus dan covid 19 adalah nyata.

Wati unsur pimpinan salah satu hotel di kelurahan bengkel baru menyampaikan terkesima bahwa, ada OKP yang berfikir dan berbuat seperti ini, ini membantu apalagi dalam masa pandemi dimana kunjungan penginap drastis turun.


Satu persatu para pelaku UMKM di wilayah itu disambangi dan diberi masker, face shield, poster dan spanduk himbauan penggunaan masker kepada masyarakat.

Tampak di titik jalan Krakatau simpang bukit barisan I Kelurahan Glugur Darat 1 dikomandoi Ketua AMPI Kelurahan Glugur Darat I Perman Manik beserta pengurus dan Kader AMPI juga secara paralel dengan kegiatan road show tersebut melaksanakan pembagian  masker dan face shield kepada masyarakat dan pengendara yang melintas.

Dipenghujung acara Ketua Panitia Jojo Pasaribu menyampaikan bahwa masker yang dibagikan adalah karya jahitan kader AMPI di design 3 lapis dan memenuhi standart medis karena menggunakan kawat di penyangga celah hidung. 

“Sesuai arahan ketua, sama seperti  face shield atau kaca pelindung wajah itu, itu hand made atau buatan tangan kita lalangsu yang biayanya disumbangkan oleh Klinik Nahos Medica 24 jam yang beralamat di Jalan Bukit Barisan I Kelabu No.8 . Ini kami sebut karya nyata, sederhana tapi manfaatnya sama. AMPI Jaya....” tutupnya.(ds/Romisyah)

Share:
Komentar

Berita Terkini