Akibat Penyaluran BLT DD Lamban, Warga Desa Saba Jambu Resah

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo


dailysatu.com -
Masyarakat Desa Saba Jambu khususnya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa merasa resah. Keresahan itu disebabkan BLT DD di Desa tersebut belum juga disalurkan.

Menurut informasi beberapa warga Desa Saba Jambu, Desa-Desa lain di Kecamatan Panyabungan telah menerima BLT DD untuk Triwulan Kedua sebesar Rp. 300.000 sudah disalurkan sampai dengan bulan ke-4 dan ke-5. 

“Sementara kami masih menerima BLT DD sampai bulan ke-3 beberapa waktu lalu,” ujar salah satu KPM penerima BLT DD yang tidak mau disebutkan namanya.

Pantauan wartawan, masyarakat telah berkumpul sejak pukul 08.30 Wib karena menurut informasinya BLT DD untuk bulan ke-4 dan 5 akan dicairkan hari itu. Bahkan dua hari sebelumnya ada beberapa warga Desa Saba Jambu mendatangi kediaman Pj. Keplaa Desa Saba Jambu di Gunung Tua Tonga, namun yang bersangkutan tidak berada di tempat karena sedang bepergian ke Medan.

Masyarakat yang sudah berkumpul sejak pagi merasa jenuh, bahkan ada salah satu KPM penerima BLT DD mencoba berkomunikasi dengan Pj. Kepala Desa Saba Jambu, namun sampai menjelang Tengah Hari Pj. Kepala Desa Saba Jambu belum juga hadir.

Mengetahui Pj. Kepala Desa Saba Jambu telah tiba dari Medan, ada salah satu KPM Penerima BLT DD) mendatangi rumah Pj. Kepala Desa Saba Jambu bermaksud untuk meminjam uang untuk keperluan berobat ke Padang Sidimpuan. 

“Ada sedikit rasa kesal mereka. Karena uang BLT DD tersebut merupakan hak mereka dan secara pribadi tentunya sangat butuhkan. Apalagi menurut keterangan Nur Asiyah (Salah Satu Penerima BLT DD), uang tersebut akan digunakannya untuk keperluan berobat. Mengetahui Pj. Kepala Desa Saba Jambu yang telah tiba dari Medan, makanya dia langsung mendatangi rumah beliau” ujar Azhari, selaku Perangkat Desa.

Setelah menunggu sekian jam, barulah sekitar pukul 14.00 Wib Pj. Kepala Desa Saba Jambu hadir. Itupun belum membahas terkait penyaluran BLT DD. Bahkan terjadi cekcok antara Perangkat Desa dengan Pj. Kepala Desa Saba Jambu diakibatkan rasa iba mereka terhadap Warga Penerima BLT DD yang telah menunggu sejak pagi, Selasa (29/09/2020).

Warga KPM Penerima BLT DD yang sebelumnya telah membubarkan diri pun kembali berkumpul, atas inisiatif Perangkat Desa dan mendesak PJ. Kepala Desa untuk segera menyalurkan BLT DD bulan ke-4 dan 5. BLT DD tersebut akhirnya dapat disalurkan menjelang waktu Ashar.

Namun, Perangkat Desa Saba Jambu sangat menyesalkan dan mengesalkan sikap Pj. Kepala Desa Saba Jambu yang tidak segera menyalurkan BLT DD tersebut hingga terjadi sedikit cekcok yang seyogyianya tidak perlu diketahui masyarakat Desa Saba Jambu.

Hingga berita ini diturunkan, Pj. Kepala Desa Saba Jambu belum dapat dikonfirmasi apa yang sebenarnya terjadi di Desa Saba Jambu khususnya terkait penyaluran BLT DD yang mengakibatkan terlambat disalurkan. Bahkan pendamping desa juga sebelumnya tidak mengetahui informasi jika hari itu akan dilaksanakan penyaluran BLT DD di Desa Saba Jambu.(Rudi Faisal)

Share:
Komentar

Berita Terkini