Soal Pembangunan Drainase & Bronjong Sungai, DPRDSU Desak Pemprovsu dan BWSS II

Dibaca:
Editor: Bang Romi author photo


 dailysatu.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) didesak memperbaiki drainase disepanjang Jalan Provinsi yang ada di Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). 


Pasalnya, kata Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut Dimas Triadji, rumah penduduk yang berada disepanjang jalan provinsi terendam banjir jika hujan turun akibat tidak berfungsinya drainase. 


"Setelah jalan provinsi itu diaspal, kondisinya sekarang lebih tinggi jalan daripada rumah penduduk. Ketika hujan mengguyur Kecamatan Sipispis, air langsung turun kearah rmh warga dan menggenanginya. Jika drainase disepanjang jalan provinsi itu dibenahi maka rumah penduduk tidak lagi tergenang air," katanya saat mengelar reses di Desa Serba Nanti Kecamatan Sipispis Kabupaten Sergai, Minggu (13/9/2020). 


Hadir pada reses tersebut, Camat Sipispis Riko Ebtian, seluruh kepala desa se Kecamatan Sipispis, tokoh masyarakat Jadeakman Damanik, Hotman Pranoto.


Dimas menjelaskan, kondisi banjir ini sudah lama terjadi, warga sudah berulangkali meminta agar drainase segera dibangun namun hingga kini belum juga terealisasi. 


Tidak hanya itu, lanjut Dimas, pihaknya juga mendesak Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II agar serius dalam membuat Bronjong Sungai Sibaras yang ada di dusun I dan III Desa Simalas Kecamatan Sipispis guna mengantisipasi banjir yang menerjang rumah penduduk jika air sungai meluap akibat bendungan yang jebol. 


"Saat reses kali ini, warga Kecamatan Sipispis juga mengeluhkan pengerjaan Bronjong sungai yang ada di Dusun I dan III yang hingga kini belum juga terealisasi. Jika air Sungai Sibaras meluap, rumah warga pasti terendam banjir dan setiap tahun kondisi ini pasti dirasakan oleh penduduk," ujarnya seraya menambahkan bahwa warga mengatakan ada rencana pengerjaannya di bulan Oktober 2020 mendatang. 


"Keluhan dan aspirasi warga ini akan kita sampaikan kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan BWSS II baik melalui sidang paripurna dewan maupun pada musrembang atau melalui lintas komisi. Dan kita akan mengawal terus perkembangannya agar keluhan warga bisa terealisasi," pungkas Dimas yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi E DPRD Sumut. (sus)

Share:
Komentar

Berita Terkini