SMA dan SMK Negeri Muara dan Purbatua Taput Kekurangan Tenaga Pengajar dan Staf ASN

Dibaca:
Editor: Bang Romi author photo


DailySatu.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Dapil wilayah Tapanuli Jonius Taripar P Hutabarat mengatakan, SMA dan SMK Negeri di Kecamatan Muara dan Purbatua Kabupaten Taput (Tapanuli Utara) sangat kekurangan tenaga pengajar/guru dan staf ASN (Aparatur Sipil Negara), sehingga Disdik (Dinas Pendidikan) Sumut perlu segera mengangkat guru-guru honorer dan staf di sekolah itu jadi ASN.


"Berdasarkan hasil kegiatan reses kita di Kabupaten Taput, banyak masukan dan usulan yang disampaikan masyarakat, terutama terkait kurangnya tenaga guru dan staf di SMA dan SMK Negeri Muara dan Purbatua. Hal ini perlu menjadi perhatian Pemprov Sumut khususnya Disdik Sumut," ujar Jonius Taripar P Hutabarat kepada wartawan, Kamis (17/9/2020) melalui telepon dari Taput.


Untuk mengatasi kekurangan tenaga pengajar ini, Jonius TP Hutabarat mendesak  Pemprov Sumut Cq Disdik Sumut untuk mengusulkan kepada Pemerintah Pusat agar mengangkat guru-guru dan staf honorer menjadi ASN, karena sudah lama mengajar dan bekerja di sekolah tersebut, demi bergairahnya aktivitas pendidikan.



"Kita sangat serius menyikapi  nasib tenaga guru dan staf honorer ini, apalagi mereka sudah lama mengajar, tapi belum diangkat jadi ASN," ujar Jonius sembari mengatakan, pihaknya akan membicarakan masalah ini dengan  Kadisdik Sumut, sebab mereka sangat ingin menjadi ASN.


Sementara di SMA Negeri 1 Siborongborong, Jonius yang dikenal purnawirawan  perwira Polri ini menerima usulan masyarakat, agar Pemprov Sumut mengalokasikan anggaran di APBD Sumut TA 2021 untuk membangun 5 ruang baru di sekolah tersebut, guna melancarkan aktivitas proses belajar.


Saat melakukan tatap muka dengan masyarakat Desa Lobu Siregar Kecamatan Siborongborong Taput, anggota Komisi A ini menerima usulan masyarakat agar Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Sumut mengalokasikan bantuan pupuk, alat-alat pertanian, bibit jagung, bibit cabe, kentang dan kacang untuk petani.


Mendengar hal itu, politisi Perindo ini spontan memberikan bantuan bibit cabe, jagung dan berbagai jenis bibit buah-buahan  kepada petani di Desa Lobu Siregar. (sus)

Share:
Komentar

Berita Terkini