Polisi Bongkar Sindikat Pembobol Minyak Pipa Diduga Milik PT PLN

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo


dailysatu.com -
Satreskrim Polres Pelabuhan Belawan berhasil membongkar sindikat pencurian bahan bakar minyak jenis Solar di jalur pipa skala besar yang diduga milik perusahaan listrik negera di pesisir Kota Medan, Kamis (23/9/2020).

Lokasi pencurian minyak tersebut di sebuah rumah semi permanen milik Joko (35) yang berada Lingkungan 1, Kelurahan Pekan Labuhan, Kec. Medan Labuhan.

Polisi yang melakukan pemeriksaan menemukan selang plastik dan pipa yang tertanam di bawah lantai tegel yang disinyalir telah dilekatkan dengan pipa pendistribusian BBM dari Depo Pertamina ke Gardu PLN Paya Pasir, Marelan.

Diduga aksi pencurian yang dilakukan Joko bersama sejumlah temannya itu telah berlangsung lama.

Dari keterangan Kepala Lingkungan 1 Pekan Labuhan Alrasyid yang ditemui dilokasi mengatakan, terbongkarnya pencurian minyak ini berawal dari ketika Joko terlibat keributan serta melakukan penganiayaan terhadap salah seorang tetangganya, selain itu pelaku juga mengancam akan membakar rumah tetangganya tersebut.

Terkait dengan laporan pengaduan tetangganya tersebut sejumlah petugas kepolisian kemudian mendatangi rumah Joko, namun pria tersebut telah kabur.

Saat dilakukan pemeriksaan, petugas menemukan selang plastik dan sebagian tertanam di bawah lantai tegel, sehingga menimbulkan kecurigaan, apalagi di sekitar pemukiman penduduk yang berdekatan dengan bantaran Sungai Deli itu terdapat pipa pindistribusian BBM dari Depo Pertamina Medan Labuhan ke Gardu PLN Paya Pasir, Medan Marelan.

Sehubungan dengan temuan itu, sejumlah pekerja dari Pertamina kemudian melakukan penggalian dengan kedalaman kurang lebih 2 meter pada ruang tamu kediaman Joko.

Sementara itu, warga sekitar yang ditanyai wartawan di sekitar lokasi kejadian, Joko memang kerap membawa sejumlah jerigen berisikan BBM dari dalam rumahnya dengan menggunakan sepeda motor, bahkan pernah beberapa kali sejumlah pria menjemput BBM dalam jerigen cukup banyak dari kediaman pria tersebut dengan menggunakan sebuah mobil pick up.

"Semula kami tidak tahu asal usul BBM yang dikeluarkannya dari dalam rumah, ternyata setelah tadi dilakukan pemeriksaan, di ruang tamu rumah ada selang yang digunakan untuk mencuri minyak dari pipa Pertamina," ujar salah seorang warga yang tidak mau menyebut identitasnya.

Sedangkan Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Belawan AKP I Kadek SH yang coba dikonfirmasi melalui via telpon dan via Whatsapp hingga berita ini dikrim kemeja redaksi belum menjawab.(HR)

Share:
Komentar

Berita Terkini