Kompatir : Dirut Tirtanadi Idealnya dari Internal

Dibaca:
Editor: Bang Romi author photo


dailysatu.com - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi diminta tidak mengulang kesalahan yang sama seperti tahun sebelumnya dalam proses seleksi Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi. 


Ketua Harian Komunitas Pelanggan Air Tirtanadi (Kompatir), Fachroel Rozi SH, berharap sosok Dirut Tirtanadi nantinya yang benar-benar memahami dan menguasai manajemen pengelolaan air minum.


"Salah satu penyebab kegagalan Dirut sebelumnya dalam mengelola Tirtanadi adalah karena tidak memahami dan menguasai manajemen teknis air minum. Bagaimana pun hebatnya sosok dari luar ketika masuk ke dalam sistem yang baru pasti memerlukan waktu untuk beradaptasi, sehingga selama proses pengenalan/adaptasi tersebut maka program kerja menjadi stagnan. Jadi ada baiknya sosok Dirut Tirtanadi berasal dari internal jangan lagi dari luar seperti yang lalu,” kata Rozi melalui keterangan tertulisnya, Selasa (15/9/2020).


Selain itu, Rozi juga meminta Gubsu agar memperhatikan track record calon pada saat wawancara akhir oleh KPM (Kuasa Pemilik Modal).


Hal ini juga tertuang dalam PP 54 tahun 2016 tentang BUMD, bahwa wawancara akhir harus dilakukan oleh Kepala Daerah.


“Seleksi jangan hanya sekedar ujian tertulis tapi juga track record calon harus jadi pertimbangan Gubsu dalam menentukan Dirut Tirtanadi, jangan terkesan uji coba. Sebagai mitra  Tirtanadi, kami berharap agar seleksi Dirut bisa menghasilkan sosok yang benar- benar memahami dan menguasai manajamen air minum dan memiliki integritas dan track record yang baik demi tercapainya Sumut bermartabat,” pungkasnya. (sus)

Share:
Komentar

Berita Terkini