Ketua DPRDSU Minta Pemko Medan Serius Tangani Drainase

Dibaca:
Editor: Bang Romi author photo


dailysatu.com-Pemerintah Kota (Pemko) Medan diminta lebih serius menangani persoalan drainase yang ada di Jalan Ladang Kelurahan Titi Kuning Kecamatan Medan Johor yang hingga kini tak kunjung diperbaiki, sehingga pemukiman penduduk didaerah itu terkesan kumuh. 


Demikian dikatakan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Baskami Ginting saat menggelar Reses III Tahun Sidang I 2019-2020 di lapangan Berlian Sari Kelurahan Kedai Durian, Kecamatan Medan Johor, Rabu (09/09/2020), daerah Pemilihan Sumut 2 (Medan Sunggal, Medan Barat, Helvetia, Tuntungan, Johor, Maimoon, Polonia, Baru Petisah dan Selayang).


Menurut warga setempat yang sudah mendiami kawasan itu puluhan tahun, kawasan pemukiman pinggiran rel kereta api lintas Medan-Delitua, layaknya kawasan kumuh, karena ketiadaan drainase. Karena itu, warga minta Pemko Medan segera menangani drainase di kawasan tersebut.


Terkait infrastruktur yang dikeluhkan warga yang tinggal di pinggiran rel kawasan Titi Kuning dan Delitua, Baskami Ginting mengatakan permasalahan tersebut harus dikoordinasikan dengan pihak PT KAI (Kereta Api Indonesia). 


"Kawasan rel masih milik dan tanggungjawab PT KAI. Jika ada pihak yang membangun tembok melintasi kawasan rel, hal itu akan dikoordinasikan dengan PT KAI," tegas Baskami menanggapi keluhan warga soal warga yang bangun tembok tanpa berkoordinasi dengan warga.


Dalam pertemuan kegiatan reses itu warga meminta adanya pembangunan drainase dan dijawab pihak Kecamatan dengan menyebutkan pada tahun anggaran 2021, Dinas PU Medan sudah memasukkan usulan pembangunan drainase sepanjang 800 meter. 


Warga juga mengeluhkan kawasan pekuburan Delitua yang menjadi tempat pembuangan sampah. Padahal, beberapa waktu yang lalu, warga bersama pihak Kelurahan Kedai Durian, sudah membersihkan termasuk membuat pagar, tapi saat tidak diawasi kembali sampah menggunung. Warga minta pengawasan ketat terkait wilayah pekuburan itu.


Baskami Ginting juga mengatakan, usulan maupun keluhan disampaikan masyarakat akan disampaikan ke Plt Walikota termasuk mengupayakan koordinasi PU Provinsi dan Kota Medan, sehingga pembangunan akan berkesinambungan.


Hadir dalam kesempatan itu Lurah Kedai Durian Rizki Hari Adam Lubis, Ketua PSMTI Medan Amplas Jhoni Hock, Ketua Plh PDI P Medan Johor, Ketua Ranting PDI Perjuangan Kelurahan Kedai Durian dan ratusan warga sekitarnya.


Pada kesempatan itu Baskami Ginting mengingatkan warga tetap mengikuti protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas, serta mengurangi berkumpul secara berkerumun. (sus)

Share:
Komentar

Berita Terkini