Ketua DPRDSU Desak BWSS II Serius Tangani Banjir DAS Babura

Dibaca:
Editor: Bang Romi author photo


dailysatu.com - Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II dimita serius menangani persoalan banjir didaerah aliran sungai (DAS) Babura. 


Desakan itu dinyatakan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Baskami Ginting saat pelaksanaan kegiatan reses III DPRD Sumut tahun sidang I 2019-2020 Daerah Pemilihan Sumut 2 ( Medan Sunggal, Medan Barat, Helvetia, Tuntungan, Johor, Maimoon, Polonia, Baru Petisah dan Selayang), di lapangan parkir Gereja GBKP di Kelurahan Mangga Kecamatan Medan Tuntungan, dari Tanggal 8-13 September 2020. 


Dalam pertemuan reses yang sihadiri Sekcam Medan Tuntungan, Lurah Kelurahan Mangga, Babinsa Kelurahan Mangga dan warga Kelurahan Mangga, Baskami Ginting menanggapi pertanyaan warga yang hadir terkait bencana banjir yang berulang terjadi di kawasan Simalingkar. 


Sebagaimana diketahui, wilayah Perumnas Simalingkar itu terbagi dua, satu wilayah masuk Kota Medan dan wilayah lainnya masuk administratif Kabupaten Deliserdang. Terjadinya banjir setelah meluapnya Sungai Simalingkar B dan Sungai Babura panjangnya 3 km.


Baskami juga mengakui wilayah yang terkena banjir secara administrasi berada di bawah Pemko Medan dan Pemkab Deli Serdang, tapi DAS berada dalam pengawasan dan tanggungjawab Balai Wilayah Sungai Sumatera II. 


"Atas dasar itu, akan disampaikan ke PUPR di Jakarta dan tetap juga akan dikoordinasikan dengan Pemprovsu dan Pemerintah daerah terkait," ungkapnya.


Baskami juga mengingatkan warga menjaga kebersihan sungai, karena saat melakukan pemantauan beberapa waktu yang lalu terhadap Sungai Babura, ditemukan banyak sampah, kayu, bambu hingga kasur di sepanjang alur sungai. 


"Selain membuat air jadi jorok dan kotor, sampah juga dapat menghambat aliran air, sehingga memperparah banjir di musim hujan," pungkasnya. (sus)

Share:
Komentar

Berita Terkini