Dinas Perdagangan Kota Gunungsitoli Kumpulkan Data Pelaku UMKM

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo
dailysatu.com - Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, mengumpulkan data pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di enam Kecamatan.

Bukan tanpa sebab, pengumpulan data itu untuk penyaluran bantuan produktif dari Kementerian Koperasi dan UMKM RI kepada 12 Juta pelaku UMKM Se-Indonesia.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Koperasi dan UMKM pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Gunungsitoli, Sozawato Nazara S.Kom, Rabu (2/9/2020).

Sozawato menjelaskan, pendataan tidak hanya dilakukan pihaknya namun juga PT. Bank BRI Cabang Kota Gunungsitoli serta organisasi perhimpunan UMKM yang ada di Kota Gunungsitoli.

"Ini merupakan bantuan pemerintahan pusat melalui Kementerian Koperasi dan UMKM kepada pelaku UMKM terdampak pandemi Covid-19 di Kota Gunungsitoli. Setiap pelaku UMKM yang lolos verifikasi, akan mendapat 2,4 Juta", kata Sozawato.

Menurutnya, dalam tahap pendataan pertama setidaknya Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Gunungsitoli telah mengumpulkan 2.000 data pelaku UMKM dari enam Kecamatan di Kota Gunungsitoli.

"Dari 2.000 data pelaku UMKM yang dikumpulkan, hanya 827 berhasil dikirim berdasarkan persyaratan", ujar Sozawato.

Disinggung tentang kuota penerima, Sozawato mengatakan bukan pihaknya yang menentukan jumlah penerima bantuan tersebut untuk Kota Gunungsitoli.

"Bukan kami yang menentukan jatah penerima, tetapi Kementerian Koperasi dan UMKM RI bekerjasama dengan OJK serta BPKP. Sebab kami hanya mengumpulkan, mengusulkan, dan mengirimkan data", tandas Sozawato. (ds/Ris)
Share:
Komentar

Berita Terkini