5 Catatan Fraksi Gerindra Atas Ranperda P-APBD Gunungsitoli TA 2020

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo


dailysatu.com -
Fraksi Gerindra Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, menyampaikan pemandangan umumnya atas Ranperda P-APBD Kota Gunungsitoli TA 2020.

Pemandangan umum fraksi Gerindra itu dibacakan oleh Anggota Yobedi Laowo SE, dalam rapat paripurna DPRD Kota Gunungsitoli bersama dengan Pemerintah Kota Gunungsitoli, Selasa (29/9/2020).

Ada lima catatan penting fraksi Gerindra yang kemudian dijadikan pemandangan umumnya. Adapun ke lima catatan tersebut, adalah.

1. Fraksi Gerindra mengapresiasi kinerja Banggar DPRD yang telah menyelesaikan pembahasan P-APBD dalam waktu singkat bersama TAPD dan seluruh satuan perangkat daerah. Semoga, apa yang telah dibahas dapat membuahkan hasil maksimal, dan sesuai dengan ketentuan berlaku.

2. Fraksi Gerindra berpandangan bahwa perlu dilakukan penyesuaian kembali anggaran penanganan pandemi Covid-19 yang sebelumnya di bahas dalam rapat Komisi, Banggar, TAPD, dan satuan perangkat daerah. 

3. Fraksi Gerindra melihat Pemerintah Kota Gunungsitoli melupakan aspek pendidikan. Hal urgent yang harus ditanggapi serius pemerintah adalah akibat pandemi Covid-19 muncul regulasi bidang pendidikan yang harus diterapkan kepada tenaga pengajar dan peserta didik. Namun pada kenyataannya tidak berjalan dengan baik, contohnya seperti penerapan sistem belajar daring dan luring. 

4. Fraksi Gerindra mengamati bahwa pengalokasian Dana Insentif Daerah (DID) tidak dapat terwujud secara maksimal. Dana tersebut seharusnya diprioritaskan untuk mendorong pemulihan prekonomian daerah, serta penanganan pandemi covid 19.

5. Selanjutnya, Fraksi Gerindra mengingatkan agar pengalihan dana penanggulangan Covid-19 diteliti kembali, digunakan secara hati-hati, tentu dengan memperhatikan ketentuanbyang ada. Sehingga tidak menjadi permasalahan besar di kemudian hari.

"Setelah mencermati isi KUA-PPAS yang dituangkan dalam nota keuangan, maka Fraksi Gerindra menyarankan Ranperda P-APBD Kota Gunungsitoli TA 2020 ditindaklanjuti. Namun dengan mengindahkan catatan yang disampaikan diatas", kata Yobedi. (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini