3 Pemandangan Umum Fraksi PDI Perjuangan Gunungsitoli Atas Ranperda P-APBD 2020

Dibaca:
Editor: dailysatu author photo


dailysatu.com -
  Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, menyampaikan tiga pemandangan umumnya atas Ranperda P-APBD Kota Gunungsitoli TA 2020.

Pemandangan umum itu dibacakan Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Gunungsitoli, Atieli Zebua, dalam rapat paripurna DPRD bersama Pemerintah Kota Gunungsitoli, Selasa (29/9/2020).

Ada tiga poin yang menjadi pemandangan umum dari Fraksi PDI Perjuangan. Ke tiga poin tersebut, adalah.

1. Fraksi PDI Perjuangan memahami adanya dinamika kondisi ekonomi di masa pandemi Covid-19. Yang menyebabkan perubahan asumsi kondisi makro ekonomi, target pendapatan daerah, dan sinkronisasi terhadap penyesuaian belanja daerah baik pergeseran, pengurangan sejumlah anggaran sebagai solusi alternatif, serta opsi dalam menyesuaikan pengelolaan keuangan daerah pada rancangan KUPA, pendapatan daerah, pembiayaan daerah, maupun belanja daerah setelah perubahan mengalami kenaikan. Perubahan tentu tidak dapat dihindari akibat prioritas belanja jaring pengaman sosial pada masa pandemi Covid-19.

2. Fraksi PDI Perjuangan memahami benar situasi dan kondisi anggaran saat ini. Tidak mudah untuk memulihkan kondisi ekonomi pasca pandemic Covid-19. Namun demikian, harus tetap optimis dan menyadari pentingnya sinergitas antara DPRD dan pemerintahan Kota Gunungsitoli.

3. Fraksi PDIP Perjuangan menilai kebijakan pemerintah daerah dalam meningkatkan pendapatan daerah Tahun 2020 sudah tepat yakni dengan mengoptimalisasi sektor-sektor penerimaan daerah. Fraksi PDI Perjuangan juga sependapat bahwa rasionalisasi belanja daerah dan pergeseran belanja telah berdasarkan skala prioritas. Semoga keadaan ekonomi makro Indonesia khususnya di kota Gunungsitoli dapat pulih seperti sedia kala. (ds/Ris)

Share:
Komentar

Berita Terkini